CLOSE [X]
ads

Mengenal Kalori Defisit dan Tips Mudahnya

Reporter: Christ Penthatesia
Jumat, 16 Juli 2021 | 11:21 WIB
Mengenal Kalori Defisit dan Tips Mudahnya

ILUSTRASI. Menjaga makanan dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dapat membantu proses kalori defisit Anda. Kontan/Alri kemas


MOMSMONEY.ID - Istilah kalori defisit merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia diet. Tentunya jika Anda sedang menjalani program diet, kalori defisit tentunya menjadi perhatian utama.

Kalori defisit menurut Wikipedia adalah jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh untuk menjaga berat badan. Kalori defisit sendiri bisa didapatkan dengan cara mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet.

Jumlah kalori yang harus dikurangi akan berbeda bagi setiap orangnya. Maka dari itu sebelum Anda memulai, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu berapa kalori yang harus Anda kurangi. Anda dapat menemukan rumus dan cara menghitungnya secara online, ya.

Untuk mencapai kalori defisit yang diinginkan dan untuk mengurangi kalori dalam tubuh beberapa tips ini mungkin dapat Anda terapkan pada diet Anda.

Baca Juga: Beberapa Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Kurangi makanan dan minuman proses

Makanan dan minuman yang telah melalui proses di pabrik tentu saja bukan lagi merupakan produk alami. Tambahan gula maupun pengawet dalam porsi banyak dapat mempengaruhi kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Untuk mencapai kalori defisit yang baik, makanan dan minuman sehat tanpa tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan harus dijadikan menu utama. Makanan dan minuman sehat ini akan membantu mencegah Anda dari kemungkinan overeating namun dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Kurangi asupan karbohidrat

Womenshealthmag merekomendasikan untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi jika Anda sedang melakukan program kalori defisit ini. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan di ubah menjadi gula yang kemudian diserap dan disimpan sebagai cadangan makanan.

Dengan mengurangi konsumsi asupan karbohidrat, tubuh tidak perlu menyimpan banyak sisa makanan sebagai cadangan makanan. 

Baca Juga: Ketahui Makanan Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Paru-Paru

Olahraga

Semakin aktif Anda maka makin banyak kalori yang dapat Anda bakar untuk bisa mencapai kalori defisit yang Anda targetkan. Olahraga yang Anda lakukan harus disesuaikan dengan tingkat keaktifan Anda dalam satu hari.

Jika Anda termasuk orang dengan mobilitas rendah dan jarang melakukan olahraga, maka lakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, atau pilihlah menggunakan tangga daripada lift sebagai olahraga Anda.

CDC atau Centers fro Disease Control and Prevention merekomendasikan kegiatan olahraga seperti melakukan kegiatan berkebun, bermain bersama anak secara aktif, maupun bersepeda dengan kecepatan sedang, sebagai kegiatan berolahraga bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan aktif berolahraga. 

Selanjutnya: Banyak, Ketahui Manfaat Kopi yang Baik Bagi Tubuh

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru