Keluarga

Mengenal Kain Microfiber dan Cara Menggunakannya, Bikin Rumah Bersih!

Mengenal Kain Microfiber dan Cara Menggunakannya, Bikin Rumah Bersih!

MOMSMONEY.ID - Ketika membaca-baca tips kebersihan rumah, mungkin Anda sering mendengar istilah kain microfiber.

Jenis kain ini memang sangat populer digunakan sebagai kain lap untuk membersihkan berbagai permukaan. Ya, bahkan hal sesederhana kain lap pun memiliki jenis bahannya tersendiri.

Jika dilihat sekilas, kain microfiber memang terlihat seperti kain lap biasa. Namun, kain ini ternyata memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jenis kain lainnya, lo.

Nah, apa yang membuat jenis kain microfiber unik dan banyak digunakan di rumah? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Benda di Rumah yang Tak Harus Sering Dibersihkan

Apa itu kain microfiber?

Dikutip dari Grove.co, kain microfiber adalah jenis kain yang terbuat dari jalinan benang sintetis (umumnya dari campuran polyester dan nilon) yang sangat halus dan berukuran 100 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia.

Jadi, kain microfiber memiliki sifat yang high-absorbent, yaitu sangat mudah menyerap air. Oleh karena itu, kain ini banyak digunakan sebagai kain lap untuk membersihkan tumpahan cairan di rumah dengan mudah dan cepat.

Apa bedanya dengan kain biasa?

Mungkin Anda berpikir, mengapa harus menggunakan kain microfiber, padahal kain katun biasa saja sudah cukup untuk membersihkan rumah?

Melansir penjelasan dari cleanlink.com, kain microfiber memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan kain katun biasa.

Sebagai contoh, kain katun pada dasarnya tidak bisa mengangkat debu dan kotoran, melainkan hanya menggeser atau mendorongnya ke arah lain. Selain itu, kain katun juga bisa meninggalkan gumpalan-gumpalan di permukaannya yang cukup mengganggu.

Di sisi lain, kain microfiber yang memiliki serat rapat membuatnya mudah mengangkat debu, kotoran, dan cairan. Tak hanya itu, jika digunakan dengan benar, kain microfiber juga jauh lebih tahan lama sehingga bisa dipakai berulang kali.

Baca Juga: Trik Simpel Memperbarui Tampilan Rumah Tanpa Renovasi

Bagaimana cara menggunakan kain microfiber?

Dilansir dari Family Handyman, kain microfiber bisa digunakan sebagai pengganti kain lap pada umumnya. Gunakan untuk membersihkan meja, kursi, lantai, jendela, hingga mengeringkan tangan.

Ketika menggunakan kain microfiber, Anda bisa memasangkannya dengan produk pembersih apapun, selama kandungan kimianya tidak terlalu keras. Namun, menggunakan air saja sebenarnya sudah cukup.

Lalu, hindari membasahi kain microfiber hingga basah kuyup. Semprotkan pembersih atau air pada permukaan yang akan dibersihkan, barulah gunakan kain microfiber untuk membersihkan dan mengeringkan permukaan tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kain microfiber jika sudah kotor. Cuci seperti kain pada umumnya, baik dengan tangan maupun mesin cuci. Hindari menggunakan pelembut pakaian karena dapat mengurangi daya serap kain.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal kain microfiber. Bagaimana, tertarik menggunakan kain ini di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News