Keluarga

Mengenal Jenis Tipe Rumah Yang Cukup Populer di Indonesia

Mengenal Jenis Tipe Rumah Yang Cukup Populer di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Sebelum membeli rumah, Anda perlu melakukan pertimbangan matang. Salah satunya adalah tipe rumah yang akan Anda beli. Di Indonesia ada beberapa tipe rumah yang cukup populer. 

Tipe rumah di Indonesia sangat penting untuk Anda kenali. Melalui pemahaman tipe-tipe rumah, Anda akan mengetahui luas bangunan dan jumlah ruangan calon hunian yang akan dipilih. 

Baca Juga: Jadi Juara, Onic E-sport Dapat Hadiah MPL ID Season 10 Uang Tunai Rp 2 miliar

Melansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 12 tipe rumah yang bisa Anda kenali. Tiga tipe rumah kerap Anda kenal dengan sebutan rumah sederhana, menengah dan mewah. Sisanya adalah tipe rumah menyesuaikan dengan luas bangunan yang dimiliki. 

Berikut tipe rumah yang cukup populer di Indonesia

1. Tipe rumah sederhana

Melansir 99.co, tipe rumah sederhana adalah rumah yang memiliki luas bangunan kurang dari 90 m2. Rumah ini dibangun untuk mengoptimalkan fungsi lahan yang terbatas. Tipe rumah yang termasuk dalam rumah sederhana adalah rumah tipe 21, 36, 45, 54 dan 60. 

2. Tipe rumah menengah

Tipe rumah menengah biasanya memiliki luas bangunan sekitar 90 – 300 m2. Tipe rumah sederhana dengan dua lantai juga bisa dikategorikan sebagai rumah menengah.

3. Tipe rumah mewah

Rumah mewah biasanya memiliki luas bangunan lebih dari 300 m2. Untuk itu biasanya rumah ini memiliki tambahan ruangan untuk memenuhi kebutuhan hiburan seperti kolam renang, ruang bersantai dan lainnya. 

4. Tipe rumah 21/24

Proyek perumahan

Luas bangunan tipe rumah 21/24 biasanya memiliki luas bangunan 21-24 m2. Biasanya terbagi menjadi ukuran 3x7 meter, 6x3,5 meter atau 5,25 x 4 meter. Biasanya developer juga mengembangkan tipe rumah ini dengan ukuran 27-30 m2.  

Di dalam rumah ini biasanya hanya terdapat satu kamar tidur, satu kamar mandi dan satu ruangan multifungsi. Adapun dapur biaanya diletakan di bagian belakang luar rumah.  Harganya dibanderol mulai dari Rp 100 juta-an. 

5. Tipe rumah 36

Perumahan syariah Griya Odisa II

Tipe rumah 36 memiliki luas bangunan 36 m2 dan merupakan tipe rumah paling populer di Indonesia. Pemerintah pun menyediakan rumah subsidi dengan tipe 36 ini. Biasanya ukuran rumah terbagi menjadi 6x6 meter atau 9x4 meter di atas tanah 60-90 m2. 

Rumah ini cocok untuk keluarga kecil dengan satu anak. Sebab biasanya tipe rumah 36 terdiri dari 2 kamar tidur, satu ruang tamu, dapur dan satu kamar mandi. 

6. Tipe rumah 45

Tipe rumah 45 ini biasanya memiliki harga di atas Rp 500 juta. Biasanya rumah ini menjadi incaran para investor properti. 

Ukuran rumah ini adalah 45 m2 di atas lahan seluas 72-96 m2. Model ukuran yang diterapkan biasanya 6x7,5 m2 atau 8x5,6 m2. Di tipe rumah ini Anda bisa mendapatkan taman dan garasi yang memadai. Di dalam rumah ini Anda juga isa mendapatkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, serta carport. 

7. Tipe rumah 54

Pembangunan perumahan di Depok, Jawa Barat

Tipe rumah 54 memiliki bangunan dengan ukuran 54 m2 di atas lahan seluas 120-150 m2. Model ukuran yang ditawarkan biasanya 9x6 meter dan 13,5x4 meter. 

Tentunya membeli tipe rumah 54 ini memberikan keelegaan bagi Anda. Ruang yang ditawarkan lebih luas dan Anda bisa mendapatkan 3 kamar tidur. Cocok untuk Anda yang memiliki 2 anak. 

8. Tipe rumah 60

Memadukan Hunian dengan Co-Living, Sinar Mas Land Hadirkan Klaster de Silva di Kota Deltamas Cikaran

Jika pada tipe rumah 54 Anda harus mengorbankan satu kamar tidur berukuran kecil, berbeda dengan tipe rumah 60. Tipe ini memiliki ukuran hunian 60 m2 ini memungkinkan Anda mendapatkan 3 +1 kamar tidur.

Tipe rumah ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki 2 anak dengan kebutuhan ruang yang lebih memadai. Tipe rumah ini biasanya dibangun menjadi 2 lantai. Harganya dibanderol sekitar Rp 500-700 juta-an. 

9. Tipe rumah 70

 Sinar Mas Land Buka Kawasan Residensial Baru Bernuansa Tropical Modern Resort di BSD City

Tipe rumah 70 ini biasanya ditawarkan dengan model ukuran 7x 10 meter atau 5x14 meter. Ukuran ini termasuk luas untuk bangunan rumah saat ini. Sehingga biasanya developer membangun rumah ini terdiri dari 2 lantai. 

Pada tipe rumah 70 Anda bisa mendapatkan 3 kamar tidur berukuran sama, dua kamar mandi, taman, garasi dan tambahan ruang lain sesuai kebutuhan Anda. 

10. Tipe rumah 90

Tipe rumah 90 biasanya menawarkan model rumah berukuran 10 x 9 meter, 11,5x8 meter, dam 15x6 meter. Di rumah ini Anda bisa memiliki 3+1 kamar tidur, 2-3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur.

Rumah ini juga biasanya dibangun 2 lantai. Untuk harganya, saat ini sudah memiliki pasaran mencapai Rp 1 miliar. 

11. Tipe rumah 120

Klaster Caelus di kawasan Greenwich BSD City

Tipe rumah ini sudah menjadi rumah yang sangat luas dengan ukuran 120 m2. Bangunan ini biasanya bisa menampung 4+1 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, ruan tamu, beranda belakang dan carport untuk 2 mobil.

Anda juga bisa leluasa memiliki ruangan sesuai dengan kebutuhan. Tipe rumah ini sudah termasuk rumah mewah dan biasanya dibangun dua lantai.  Ukuran yang ditawarkan biasanya 10 x 12 meter atau 8 x 15 meter. Luas lahan yang digynakan mencapai lebih dari 150 m2.

12. Tipe rumah di atas 120

Rekomendasi Rumah Mewah Dijual di Depok

Tipe rumah di atas 120 biasanya memiliki luas bangunan dan model ukuran bangunan yang beragam. Rumah ini bisa juga disebut sebagai rumah yang bisa dicustom sesuai kebutuhan pembeli. 

Bangunannya yang luas membuat rumah ini segmented hanya dimiliki oleh para eksekutif. Di rumah tipe inilah Anda bisa mendapatkan fasilitas kolam renang yang memadai, gazebo hingga garasi mobil yang luas. 

Baca Juga: Apakah Gaji UMR Bisa Beli Rumah KPR? Ini Jawabannya

Nah itu tadi tipe-tipe rumah di Indonesia yang cukup populer dan perlu Anda pahami. Jika ingin membeli rumah, Anda perlu melihat rencana masa depan untuk menyesuaikan luas dan kebutuhan ruangan dalam jangka panjang, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News