HOME, Keluarga

Mengenal Jenis-Jenis Kain untuk Sprei, Jangan Salah Pilih!

Mengenal Jenis-Jenis Kain untuk Sprei, Jangan Salah Pilih!

MOMSMONEY.ID - Sprei atau kain pelapis kasur merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kenyamanan Anda saat berbaring atau tidur di atas kasur.

Untuk memaksimalkan kenyamanan tersebut, kain sprei hadir dalam berbagai jenis bahan yang bisa dipilih. Tidak semua jenis kain sesuai dengan selera atau preferensi Anda, jadi Anda perlu mencermati karakteristik setiap jenis kain sprei untuk mengetahui jenis kain apa yang cocok.

Kain apa saja yang kerap digunakan sebagai bahan sprei? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Tidur Makin Nyenyak, Berikut 3 Tips Memilih Sprei yang Tepat!

Katun Panca

Dikutip dari laman Roomme.id, katun panca adalah jenis kain katun lokal yang terdiri dari campuran 75% katun dan 25% polyester. Kain ini memiliki sifat yang dingin dan berdaya serap baik, serta memiliki warna yang awet dan tidak mudah berbulu setelah dicuci.

Katun Catra

Selain katun panca, katun catra juga termasuk dalam kain katun lokal yang kerap digunakan sebagai bahan sprei. Kain ini terdiri dari campuran 80% katun dan 20% polyester, sehingga memiliki sifat yang cenderung lebih dingin daripada katun panca dan nyaman saat dipakai.

Katun Jepang

Di antara jenis kain sprei berbahan katun, katun Jepang memiliki kualitas yang paling baik karena terdiri dari 95% katun. Jadi, sprei berbahan kain katun Jepang bersifat sangat dingin dan lembut, serta dapat menyerap keringat dengan baik.

Sutra

Mengutip laman Casper.com, sprei yang terbuat dari kain sutra terbuat dari bahan alami dan memerlukan perawatan yang teliti, sehingga harganya cenderung lebih mahal. Namun, sprei berbahan kain sutra tergolong dingin dan dapat menambahkan kesan elegan dan mewah pada kamar tidur Anda.

Baca Juga: Ingin Interior Rumah Terlihat Lebih Modern? Ikuti 5 Tips Ini!

Tencel

Tencel merupakan bahan yang terbuat dari lyocell, yaitu material yang terbuat dari kayu pohon. Karena terbuat dari bahan alami dan organik, jenis kain ini kerap disebut sebagai katun organik. Kain tencel dikenal memiliki sifat yang lembut dan cocok untuk Anda yang sensitif atau menderita alergi.

Jacquard Sutra

Sprei berbahan kain jacquard sutra memiliki sifat yang mirip dengan kain sutra, yaitu lemas dan licin serta nyaman saat digunakan. Oleh karena itu, jenis kain ini dapat menjadi pilihan bahan sprei jika Anda menginginkan tampilan tempat tidur yang elegan dan mewah.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Ruang di Dapur Kecil, Tak Terasa Sempit!

Jacquard Tencel

Kain jacquard tencel adalah salah satu jenis kain katun yang cukup berkualitas dan terkenal di Eropa. Kain sprei ini terbuat dari 100% katun dan memiliki tekstur yang tebal, sehingga cukup dingin dan nyaman saat digunakan.

TC

Jenis kain sprei ini cukup populer di Indonesia karena harganya yang tergolong murah dan mudah didapatkan di mana-mana. Namun, bahan sprei TC memiliki tekstur yang sedikit kasar, serta mudah luntur dan berbulu setelah selesai dicuci.

Katun CVC

Dikenal juga sebagai katun Korea, kain katun CVC terdiri dari campuran 70% katun dan 30% viscose, yaitu bahan yang kerap digunakan sebagai bahan kemeja dan kaus. Jenis kain ini memiliki sifat yang lembut, dingin, serta tidak mudah kusut, sehingga sangat nyaman digunakan.

Itulah beberapa jenis kain sprei yang umum ditemui di Indonesia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News