Mengenal Jenis-Jenis Batu untuk Taman Rumah, Apa Saja?

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 29 April 2022 | 15:25 WIB
Mengenal Jenis-Jenis Batu untuk Taman Rumah, Apa Saja?

ILUSTRASI. Berikut jenis-jenis batu yang banyak digunakan untuk taman rumah.


MOMSMONEY.ID - Batu merupakan salah satu komponen yang dapat mempercantik taman di suatu hunian, sehingga membuat eksterior atau tampilan luar hunian tersebut terlihat makin asri.

Batu taman sendiri hadir dalam berbagai jenis yang bisa Anda pilih. Untuk melengkapi tampilan taman rumah Anda, pemilihan batu taman perlu disesuaikan dengan bentuk, warna, hingga selera dan gaya taman.

Nah, kira-kira apa saja jenis batu yang banyak tersedia di pasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Rumah Makin Keren, Simak 6 Ide Menggunakan Batu Kerikil di Taman

Batu kerikil kacang

Dikutip dari laman Bruss Landscaping, batu kerikil kacang atau pea gravel memiliki ukuran yang mungil layaknya kacang. Selain bentuknya yang kecil, batu ini memiliki ciri khas berupa warna-warnanya yang beragam dan permukaannya yang halus karena digerus air. Batu kerikil kacang dapat digunakan sebagai ground covering dan jalan setapak.

Batu kali

Disebut juga sebagai river rock, batu kali memiliki ciri khas berupa permukaannya yang halus seperti batu kerikil kacang, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Berasal dari pinggir sungai atau kali, batu ini dapat digunakan untuk menghias elemen air seperti kolam ikan atau menghias sekitar tanaman di taman rumah Anda.

Batu flagstone

Batu flagstone merupakan jenis batuan sedimen, yaitu batu yang terbentuk dari endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah. Jenis batu flagstone umumnya dapat dipotong sesuai kebutuhan dan digunakan sebagai jalan setapak atau lantai untuk taman rumah Anda.

Baca Juga: Ingin Menata Tanaman Hias Pot di Teras Rumah? Tengok Tipsnya di Sini

Batu granit

Dilansir dari Dekoruma, batu granit biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk interior rumah, misalnya meja dapur, lantai, hingga dinding. Namun, batu granit yang berukuran kecil juga bisa digunakan sebagai batu yang mempercantik taman rumah.

Batu koral

Mirip dengan batu kerikil kacang dan batu kali, batu koral memiliki bentuk yang halus dan hadir dalam beragam warna yang cantik. Batu ini umumnya ditemukan dalam warna putih keabu-abuan dan banyak digunakan sebagai ground cover hingga penghias jalan setapak di taman.

Baca Juga: 4 Tips Dekorasi Rumah untuk Sambut Lebaran, Tidak Sulit!

Batu candi

Batu candi atau batu andesit terbentuk dari proses pendinginan lava dan memiliki ciri khas berupa permukaannya yang berpori dan memiliki motif bintik-bintik hitam. Umumnya, batu candi digunakan sebagai material dinding atau jalan di taman.

Batu split

Terakhir, ada batu split yang memiliki tekstur kasar. Batu ini terbentuk dari pecahan-pecahan batu alam berukuran besar dan cukup versatile, sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam gaya taman sesuai selera.

Itulah beberapa contoh jenis batu yang umum digunakan di taman-taman rumah. Bagaimana, ada jenis batu yang kelihatannya cocok dengan taman di rumah?

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER