Santai

Mengenal Istilah Reverse Diet dan Manfaatnya, Bisa Kontrol Nafsu Makan Juga lo

Mengenal Istilah Reverse Diet dan Manfaatnya, Bisa Kontrol Nafsu Makan Juga lo

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar istilah reverse diet? Bagi yang belum pernah, simak dulu penjelasannya berikut ini, ya.

Bagi siapa pun yang sedang menjalani program diet, seharusnya sudah tidak asing lagi istilah reverse diet atau diet kebalikan.

Reverse diet adalah sebuah rencana diet yang dilakukan di akhir masa diet untuk mempermudah transisi dari pola makan diet ke pola makan biasa.

Baca Juga: 4 Cara Mencuci Bra dengan Benar, biar Enggak Cepat Rusak

Tujuannya, untuk menormalkan kembali metabolisme tubuh setelah program diet ketat.

Siapa sangka ternyata cara reverse diet memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mengontrol rasa lapar

Setelah mengikuti program diet yang telah dilakukan, dengan melakukan reverse diet setelahnya, akan membantu seseorang untuk lebih bisa mengontrol rasa laparnya.

Dengan menaikkan kembali kalori yang masuk pada tubuh secara perlahan, memungkinkan terjadi keseimbangan hormon dan metabolisme yang telah terbentuk dari proses diet sebelumnya sehingga dapat pula mengurangi rasa lapar.

Baca Juga: 5 Tips Meditasi Untuk Pemula, Caranya Mudah Banget Loh

Membantu membakar kalori

Laman Health Line menjelaskan, manfaat dari reverse diet adalah bisa membantu membakar kalori di tubuh.

Di samping itu, reverse diet juga membantu untuk menormalkan hormon tubuh. Keduanya berperan aktif dalam membantu menurunkan berat badan dan menjaganya dalam kondisi yang stabil.

Meningkatkan masa otot

Reverse diet juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan masa otot. Masa otot lebih sulit dilakukan ketika tubuh berada pada kondisi kalori defisit.

Sehingga, ada baiknya untuk melakukan reverse diet yang bisa membantu untuk menambah masa otot. Sebab, perkembangan masa otot akan lebih cepat dilakukan dengan menambah kalori dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Jenis Pekerjaan Remote Ini Cocok Buat Introvert, Tertarik Coba?

Mendapatkan banyak energi

Latihan olahraga dan melakukan program diet dalam beberapa minggu bahkan bulan bisa menyebabkan energi perlahan terkuras.

Sehingga, menurut laman Fitness Volt, dengan melalukan reverse diet dan makan lebih banyak kalori dapat membantu mengembalikan energi yang hilang secara perlahan.

Nah, itulah tadi manfaat dari reverse diet yang baik bagi kesehatan tubuh. Coba terapkan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News