HOME, Bugar

Mengenal Gejala dan Risiko Penyakit TBC yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Gejala dan Risiko Penyakit TBC yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Tuberkulosis adalah penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan tepatnya di paru-paru.

Jika tidak menjalani pengobatan TBC, penyakit ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Penyebab TBC adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis atau TBC merupakan satu dari 10 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin! 5 Buah Ini Ampuh Menurunkan Kolesterol

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 1,5 juta orang di dunia meninggal akibat menderita TBC.

Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai, antara lain: 

1. Berkeringat di malam hari

Gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai pertama adalah sering berkeringat di malam hari. Suhu tubuh meningkat dan demam di malam hari juga disertai dengan munculnya keringat.

Walaupun tidak terjadi pada semua pengidap TBC, berkeringat di malam hari juga bisa disertai dengan badan yang menggigil.

2. Nafsu makan dan berat badan menurun

Gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai kedua adalah nafsu makan dan berat badan menurun. Keadaan ini diawali dengan menurunnya nafsu makan.

Ketika ini terjadi, tubuh akan mengeluarkan zat yang dapat membuat tubuh menggunakan banyak energi, sehingga proses pemecahan cadangan makanan pun akan berlangsung.

3. Sering merasa lelah

Gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai ketiga adalah sering merasa lelah. Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik, tubuh pengidap TBC akan sering merasa kelelahan.

Hal ini ditandai dengan tubuh yang pegal-pegal dan sakit kepala.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

4. Suhu tubuh meningkat

Gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai keempat adalah suhu tubuh meningkat. Tanda-tanda awal munculnya TBC adalah suhu tubuh yang meningkat (demam), terutama di malam hari.

Meskipun pada pagi dan siang hari tubuhnya sehat dan bugar, menjelang malam, tubuh pengidap TBC akan melemah dan disertai oleh demam.

Meningkatnya suhu tubuh ini biasanya berlangsung selama lebih dari 3 minggu, meskipun sudah mengonsumsi obat penurun demam.

5. Kulit pucat

Gejala penyakit TBC yang perlu diwaspadai kelima kulit pucat. Keadaan ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kondisi inilah yang membuat warna kulit pengidap TBC cenderung pucat dan jika ini terjadi harus segera diwaspadai.

Ketika tanda-tanda di atas mulai timbul, ada baiknya untuk segera berbicara dengan dokter. Pasalnya, TBC adalah tergolong serius sehingga dibutuhkan penanganan segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News