HOME, Bugar

Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Liver. Simak Penjelasannya di Sini!

Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Liver. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Penyakit liver dapat menimbulkan masalah serius. Liver adalah organ vital yang berfungsi mencerna makanan, mengolah energi, dan menyaring zat beracun dari darah, dikutip dari Healthline.

Penyakit liver merupakan istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada liver atau hati, yang menyebabkan organ hati tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Dengan peran vitalnya tersebut, liver menjadi organ yang paling kerja keras di tubuh manusia. Gejala sakit liver bisa beragam, tergantung pada penyebab dan jenis penyakitnya.  

Baca Juga: Apa Itu Hepatitis Misterius? Ini Penjelasannya yang Perlu Anda Tahu

Berikut beberapa gejela penyakit liver yang sering dirasakan penderitanya seperti yang dijabarkan oleh Health Focus, antara lain: 

1. Kulit dan mata menguning 

2. Urine berwarna gelap 

3. Kotoran buang air besar (BAB) berwarna pucat, berdarah, atau hitam 

4. Pergelangan kaki, tungkai, atau perut membengkak 

5. Mual dan muntah 

6. Nafsu makan menurun 

7. Sering lelah 

8. Kulit gatal-gatal tanpa sebab jelas 

9. Kerap memar 

Seiring berjaannya waktu, penyakit liver yang tidak tertangani dengan tepat bisa menyebabkan tumbuhnya jaringan parut (sirosis di hati).  

Setelah Anda mengetahui gejalanya, dilansir dari Mayo Clinic terdapat beberapa penyebab penyakit liver yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Infeksi Virus

Penyebab penyakit liver yang pertama adalah infeksi virus. Penyakit liver dapat disebabkan virus yang menginfeksi hati dan menyebabkan peradangan.

Virus biasanya menyebar melalui darah, makanan atau air yang terkontaminasi dan berkontak dengan orang terinfeksi. Jenis virus yang sering menyerang adalah hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. 

2. Kanker

Penyebab penyakit liver yang kedua adalah kanker. Beberapa kanker yang menyerang adalah kanker hati, kanker saluran empedu, dan adenoma hati sebagai faktor penyakit liver. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

3. Genetika

Penyebab penyakit liver yang ketiga karena faktor genetika. Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orang tua dapat menyebabkan penumpukan berbagai zat di hati.

Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan hati, meliputi penyakit hemochromatosis, penyakit wilson, defisiensi antitripsin alfa-1. 

4. Kelaianan sistem kekebalan tubuh

Penyebab penyakit liver yang keempat karena adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau imunitas terganggu.

Penyakit ini menyerang bagian tertentu di tubuh (autoimun) yang dapat mempengaruhi kinerja hati. Penyakit ini termasuk hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer, kolangitis sklerosis primer. 

5. Penyebab lainnya

Penyebab lain penyakit hati meliputi penyalahgunaan alkohol berat, penumpukan lemak di hati (penyakit hati berlemak non alkohol), resep obat tertentu, senyawa herbal tertentu. 

Penyakit liver jadi salah satu penyakit serius, itu sebabnya sudah seharusnya selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi tindakan yang meningkatkan risiko terkena liver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News