HOME, Bugar

Mengenal Gejala Bunion pada Sendi Jempol Kaki dan Cara mengatasinya

Mengenal Gejala Bunion pada Sendi Jempol Kaki dan Cara mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Bunion adalah benjolan yang berkembang secara bertahap pada sendi ibu jari atau jempol dan kelingking kaki. Kondisi ini terjadi akibat tulang di ibu jari atau kelingking kaki menekuk ke jari di sebelahnya, dikutip dari Healthline.

Bunion ditandai dengan bergesernya ujung ibu jari atau kelingking kaki ke arah jari kaki di sebelahnya. Dalam beberapa tahun, pergeseran ini bisa mengakibatkan munculnya benjolan pada sendi yang menghubungkan ibu jari kaki dan telapak kaki, yang makin lama akan makin jelas terlihat.

Perubahan arah tulang jempol kaki hingga menyebabkan benjolan, menimbulkan rasa nyeri yang seiring waktu bisa membuat seseorang kesulitan untuk menggunakan sepatu dan berjalan.

Baca Juga: 5 Jenis Tumor Jinak yang Perlu Diketahui Agar Lebih Waspada

Untuk mengatasi gejala nyeri atau bengkak pada bunion, ada beragam hal yang bisa Anda lakukan, dirangkum dari Healthline dan Everyday Health.

1. Menggunakan bidai jari kaki

Bidai atau splint bunion merupakan alat khusus yang diklaim mampu memperbaiki bunions atau meluruskan jari kaki. Bidai dapat dikenakan di malam hari dan penggunaannya harus dalam pemantauan dokter.

2. Menggunakan sepatu yang pas dan nyaman

Untuk meminimalkan tekanan dan nyeri, gunakan sepatu yang pas dan nyaman. Pilihlah sepatu dengan bagian ujung depan yang lebar dengan sol yang lembut, serta hindari penggunaan sepatu berhak tinggi agar bunions tidak semakin parah.

3. Memberikan kompres dingin pada bunion

Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, Anda dapat mengompres bunion dengan kompres dingin setidaknya selama 20 menit. Pengompresan dapat dilakukan setelah berdiri lama atau saat bunion meradang.

4. Memakai bantalan atau padding pada sepatu

Menggunakan bantalan yang terbuat dari silikon atau gel saat menggunakan sepatu dapat menjadi cara mengurangi nyeri akibat bunion.

Namun, pastikan bantalan yang digunakan pas dan nyaman. Jika ukuran bantalan tidak pas, tekanan pada bunions justru bisa memperparah nyeri.

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri 

Untuk membantu meredakan rasa nyeri, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Sementara pada kasus bunion yang disebabkan radang sendi, Anda perlu mengonsumsi obat dari dokter untuk membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan nyeri.

 Baca Juga: Waspada! 5 Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

Saat bunion terasa nyeri atau bengkak, beberapa tips di atas dapat dilakukan untuk membantu meredakan keluhan bunion.

Namun bila bunion sudah menimbulkan gangguan saat berjalan atau menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ortopedi agar dapat ditangani lebih lanjut.

Selanjutnya: Tangan Sering Kram? Waspadai Tanda Gejala Penyakit Serius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News