Mengenal Gaya Interior Coastal, Bawa Suasana Pantai dan Laut ke Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 18 Oktober 2021 | 17:13 WIB
Mengenal Gaya Interior Coastal, Bawa Suasana Pantai dan Laut ke Rumah

ILUSTRASI. Contoh interior rumah bergaya coastal. Foto: Instagram @andreagoldmandesign

MOMSMONEY.ID - Selama ini, mungkin Anda sudah mengenal berbagai jenis gaya interior rumah seperti gaya minimalis, Japandi, industrial, atau shabby chic.

Di antara gaya-gaya tersebut, ada satu gaya yang bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan di rumah, yaitu gaya coastal yang identik dengan suasana pantai. Jadi, Anda bisa membawa suasana outdoor ke dalam rumah dengan gaya ini.

Dilansir dari The Spruce dan Decor Aid, berikut penjelasan singkat mengenai gaya coastal yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak di bawah!

Pengertian Gaya Coastal

Secara singkat, gaya coastal merupakan gaya interior yang terinspirasi dari pemandangan pantai dan laut. Elemen pantai dan laut ini diwujudkan melalui penggunaan warna-warna laut dan pantai, pencahayaan alami, dan material alam.

Selain itu, gaya ini juga bisa dimunculkan melalui penggunaan barang-barang dan motif yang berhubungan dengan pantai dan laut. Jadi, kesan beachy pada ruangan semakin terasa.

Jenis Gaya Coastal

Secara umum, gaya coastal cukup Anda munculkan lewat penggunaan elemen-elemen yang disebutkan di atas. Namun, pada praktiknya, gaya coastal ini memiliki beberapa “cabang” yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  • Gaya tropis, yang dimunculkan dengan penggunaan motif dan tanaman palem, warna-warna vibrant dan cerah, kayu jati, dan motif-motif khas tropis.
  • Gaya Mediterania, yang dimunculkan dari penggunaan warna-warna gelap seperti terbakar matahari, aksen metal berwarna hitam, dan dekorasi terracotta.
  • Gaya cottage, yang memadukan unsur rustic dengan menggunakan elemen-elemen vintage dan barang-barang empuk dan nyaman.

Cara Mendekorasi dengan Gaya Coastal

Nah, jika Anda ingin mendekorasi rumah dengan gaya coastal, berikut hal-hal yang diperlukan.

Palet warna laut. Karena terinspirasi dari pemandangan pantai dan laut, Anda tentu perlu menggunakan warna-warna laut dan pantai seperti biru, hijau, dan coklat muda. Anda dapat menggunakan warna putih atau beige sebagai warna dasar, warna biru atau hijau sebagai warna sekunder, dan warna-warna hangat seperti kuning atau oranye sebagai aksen.

Tekstur natural. Supaya kesan alami makin terasa di rumah, Anda dapat menggunakan barang-barang dengan tekstur alami. Misalnya, Anda bisa menggunakan furnitur berbahan kayu, kain katun dan linen, dan dekorasi berbahan rotan dan rami.

Kesan sederhana dan rapi. Untuk memberi kesan santai layaknya liburan di pantai, Anda perlu memastikan interior rumah terlihat menenangkan dan rapi. Gunakan warna-warna yang terlihat bersih, tirai tipis untuk memasukkan cahaya alami, dan rapikan barang-barang yang berceceran.

Elemen natural. Untuk memperkuat kesan pantai dan laut, Anda bisa menggunakan dekorasi yang berhubungan dengan dua hal tersebut. Misalnya, Anda bisa menggunakan cangkang kerang, tiruan bintang laut, koral, bahkan pasir pantai yang dimasukkan ke dalam botol.

Motif khas laut dan pantai. Terakhir, Anda bisa menambahkan motif-motif khas laut dan pantai pada dekorasi dan pernak-pernik ruangan. Misalnya, Anda bisa menggunakan selimut bermotif ikan, bantal bergambar kuda laut, atau gantungkan lukisan pantai dan laut pada dinding.

Nah, itulah penjelasan mengenai gaya coastal. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini pada interior rumah Anda?

Editor: Kania Paramahita
Terbaru