HOME, Keluarga

Mengenal Gaya Dekorasi French Country yang Klasik dan Elegan

Mengenal Gaya Dekorasi French Country yang Klasik dan Elegan

MOMSMONEY.ID - Di tengah tren interior minimalis yang terkesan modern, interior rumah yang klasik dan bergaya vintage masih memiliki banyak penggemar, salah satunya adalah gaya French Country.

Jika Anda menginginkan rumah yang terkesan klasik, feminin, dan elegan, gaya French Country bisa menjadi pilihan yang tepat. Terinspirasi dari rumah-rumah yang ada di Prancis selatan, gaya ini bisa menghadirkan suasana Eropa di rumah Anda.

Ingin tahu apa itu gaya French Country dan apa saja karakteristiknya? Dilansir dari The Spruce dan Decor Aid, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Inspirasi Taman ala Jepang yang Cantik dan Menenangkan, Dijamin Suka!

Apa itu gaya French Country?

French Country adalah suatu gaya interior rumah yang menggabungkan gaya Prancis yang elegan dan antik dengan gaya country yang terkesan rustic, natural, dan nyaman.

Singkatnya, gaya French Country adalah gaya rustic yang terlihat lebih feminin dan elegan, sehingga terlihat cantik jika dipandang.

Jadi, jika Anda menyukai rumah bergaya Eropa klasik tapi masih menginginkan sentuhan feminin yang elegan dan lembut, coba gunakan gaya ini.

Apa saja karakteristik gaya French Country?

Pada dasarnya, gaya French Country identik dengan warna-warna lembut dan kesan rustic untuk menonjolkan kesan elegan yang natural.

Berikut beberapa ciri khas atau karakteristik dari gaya French Country:

  • Furnitur yang empuk untuk memberi kesan nyaman
  • Furnitur dan dekorasi yang terkesan antik dengan warna yang memudar
  • Warna-warna lembut seperti biru, pink, kuning, hijau muda, dan krem
  • Kain toile, yaitu kain berwarna putih atau krem yang diberi pola gambar lansekap atau bunga-bunga
  • Penggunaan kayu dan elemen-elemen natural lainnya
  • Sentuhan elegan seperti emas dan metal

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

Bagaimana cara mendekorasi dengan gaya French Country?

Setelah mengetahui apa saja karakteristik dari rumah bergaya French Country, sebenarnya mudah saja mendekorasi rumah dengan gaya ini. Cukup gunakan furnitur yang berkesan antik dengan warna-warna lembut, suasana French Country akan langsung terasa di rumah Anda.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rumah dengan gaya French Country:

  • Gunakan palet warna yang hangat dan lembut untuk memberi kesan inviting, dan gunakan warna gelap hanya sebagai kontras atau aksen.
  • Gunakan furnitur berbahan kayu dengan kesan vintage, baik yang memiliki finishing natural maupun dilapisi cat. Jika lapisan cat pada furnitur mulai mengelupas, akan lebih baik.
  • Gunakan furnitur dengan kaki berbentuk cabriole, yaitu bentuk melengkung yang terlihat antik.
  • Gunakan aksen emas, metal, atau besi tempa.
  • Gunakan elemen natural, misalnya pola bunga-bunga pada sprei, gorden, dan bantal. Lalu, pilih kain dengan bahan natural seperti katun dan linen.
  • Gunakan cermin untuk menambah kesan elegan dan memberi kesan airy pada interior rumah. Jika memungkinkan, gunakan cermin dengan detail yang terkesan vintage.
  • Tambahkan detail-detail yang terlihat elegan, misalnya lampu gantung, vas keramik, lilin, dan bunga mawar segar.

Itulah penjelasan singkat mengenai gaya French Country yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, makin tertarik mencoba gaya ini di rumah?

Selanjutnya: 4 Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Retro yang Playful dan Eyecatching

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News