HOME, Santai

Mengenal Fungsi CC, BCC, dan Fitur Email Lainnya

Mengenal Fungsi CC, BCC, dan Fitur Email Lainnya

MOMSMONEY.ID - Mengirim email bukanlah hal yang asing bagi banyak orang di masa teknologi ini. Hampir semua orang pasti sudah pernah bertukar pesan melalui email.

Email adalah eletronik mail atau pesan elektronik yang memiliki fungsi sebagai alat bertukar pesan elektronik. Biasanya email akan digunakan dalam situasi formal atau dalam lingkungan professional.

Namun, ada beberapa istilah dalam kolom email yang mungkin belum akrab dan dimengerti apa fungsinya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Dikejar Deadline Presentasi? Tenang, Website Ini Sediakan Template Gratis

To

To atau kepada ini adalah bagian email dimana nama penerima dituliskan. Biasanya kolom ini diisi dengan nama email penerima ketika ingin mengirim email secara personal. 
Alamat email penerima utama ini juga dapat dilihat oleh kedua belah pihak. Yaitu pihak pengirim dan penerima. 

CC

CC menurut Wikipedia adalah singkatan dari Carbon Copy. Penamaan CC ini menyesuaikan dari konsep karbon kertas yang digunakan untuk menyalin tulisan di kertas lain. Seperti pada kertas kwitansi contohnya.

Kolom ini digunakan saat ingin mengirim pesan email kepada pihak lain selain penerima email utama. Biasanya email ini digunakan saat ingin mengirim pesan ke banyak pihak atau tim di kantor yang sudah saling mengenal. Dalam kolom ini penerima utama bisa melihat siapa saja yang menerima CC email.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Website Penting Untuk Mempermudah Hidup

BCC

BCC adalah singkatan dari Blind Carbon Copy. BCC dan CC tentu saja memiliki perbedaan fitur, menurut laman Spark Mail, alamat email yang dicantumkan dalam kolom BCC tidak akan bisa dilihat oleh penerima di kolom To dan CC.

Kolom ini biasanya digunakan saat ingin mengirim email ke banyak pihak yang belum dikenal. BCC menurut laman Spike Now juga kerap digunakan untuk mengirim newsletter, update sebuah brand, atau marketing email lainnya. BCC juga digunakan ketika prioritas utama pengirim adalah melindungi email yang dikirim.  

Forward

Bagian dari fitur dalam email ini adalah bagian yang dipilih ketika ingin meneruskan atau melanjutkan pesan yang diterima dari pihak penerima ke pihak lain. Ketika menggunakan forward, maka isi seluruh tampilan pesan akan terlihat saat dikirim ke pihak lain. 

Attachment

Attachment adalah bagian dari fitur dalam email yang mengijinkan pengirimnya untuk mencantumkan file atau dokumen dalam sebuah email yang akan dikirim. Tak hanya dokumen saja, file foto juga dapat dicantumkan pada fitur attachment ini. 

Selanjutnya: Daftar Drakor Peraih Rating Tertinggi selama Oktober 2021, ini posisi Jirisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News