HOME, Santai

Mengenal Crab Mentality, Mentalitas yang Suka Iri dengan Kesuksesan Orang Lain

Mengenal Crab Mentality, Mentalitas yang Suka Iri dengan Kesuksesan Orang Lain

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar istilah tentang Crab Mentality? Crab mentality adalah sebutan baru yang tentunya sudah sangat familiar di generasi milenial.

Istilah crab mentality ini adalah sebutan yang ditujukan bagi seseorang yang memiliki kepribadian suka iri. Lebih parahnya orang dengan kepribadian ini tidak suka melihat kesuksesan orang lain.

Ia bahkan akan melakukan segala cara untuk menjatuhkan orang tersebut. Munculnya istilah ini menurut Wikipedia adalah karena filosofi kepiting yang terperangkap di sebuah ember.

Baca Juga: Mengenal Emotional Sponge, Kepribadian yang Mudah Menyerap Emosi Orang Lain

Ketika kepiting terperangkap dalam sebuah ember, ia akan berusaha keluar. Namun yang menjadi perhatian adalah adanya usaha yang dilakukan kepiting lain untuk mencegah kepiting tersebut untuk bebas.

Jadi secara filosofis crab mentality diambil dari tingkah kepiting yang mencegah kepiting lain untuk bisa bebas dari ember tempat mereka ditangkap. Jadi kalau kepiting terperangkap maka kepiting lain juga harus terperangkap dan tidak boleh berhasil bebas.

Ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian crab mentality adalah selalu merasa iri dengan orang lain. Jika ia gagal maka orang lain tidak boleh berhasil. Ia juga selalu iri dengan pencapaian orang lain dan memastikan bahwa orang lain tak boleh lebih baik darinya.

Baca Juga: Kenali Kepribadian Wanita Alpha Female dan Karakteristiknya

Rasa kompetitif yang dimiliki kepribadian crab mentality cenderung negatif dan merugikan orang lain. Tak tanggung-tanggung bahkan ia dapat dengan mudah melakukan cara kotor untuk mendapatkan sesuatu atau posisi yang ia inginkan.

Tak jarang bahkan mereka juga suka mengakui hasil usaha orang lain sebagai usahanya. Hal ini dilakukan karena kepribadian ini menyukai pujian dan membutuhkannya untuk dipamerkan kepada orang lain.

Jika bertemu dengan orang yang memiliki kepribadian ini, ada baiknya untuk mengabaikan saja. Dengan catatan, selama yang dilakukannya tidak memberi dampak buruk secara langsung bagi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mulai memberi jarak atau batasan untuk berkomunikasi dengan orang yang memiliki crab mentality.

Selanjutnya: Cuma Mitos! Aktivitas Seks Ternyata Tidak Membuat Vagina Kendur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News