HOME, Santai

Mengenal Bekas Jerawat Dan Cara Menghilangkannya

Mengenal Bekas Jerawat Dan Cara Menghilangkannya

MOMSMONEY.ID - Memiliki bekas jerawat pada tubuh maupun area wajah dapat menjadi hal yang menyebalkan. Berbagai cara akan ditempuh untuk mengembalikan kondisi wajah dan menghilangkan bekas jerawat membandel. Termasuk menggunakan skincare dengan banyak dan mahal.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya tidak perlu menggunakan banyak produk perawatan wajah untuk menghilangkan bekas jerawat Anda. Men genali jenis bekas jerawat dan memberikan skincare yang tepat dapat Anda gunakan untuk memudarkan bekas jerawat Anda.

Sebelum mengetahui skincare apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit Anda, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis bekas jerawat Anda.

Baca Juga: 5 Warna Keputihan dan Artinya Bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan

Post Inflammatory Hyperpigmentation 

Noda berwarna coklat atau kehitaman adalah salah satu tanda Anda memiliki bekas jerawat dengan tipe ini. Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) disebabkan karena produksi melanin yang berlebih dikarenakan inflamasi. Salah satu penyebab utama inflamasi pada jerawat tipe ini adalah paparan sinar matahari. 

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan tipe ini, Anda akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Karena bekas jerawat ini tidak dapat dihilangkan secara langsung ya. Rutin melakukan eksfoliasi dengan bahan aktif seperti AHA dapat membantu mendorong proses pergantian sel-sel kulit dan memudarkan pigmentasi.

Lalu, menggunakan produk yang memiliki kandungan yang dapat memperlambat proses produksi melanin juga dapat Anda gunakan. Kandungan seperti azelaic acid dapat Anda jadikan pilihnnya. 

Baca Juga: 5 Kandungan Bahan Skincare Penghilang Bekas Jerawat

Post Inflammatory Erythema

Bekas jerawat jenis ini memiliki warna kemerahan pada bagian yang berjerawat. Post Inflammatory Erythema (PIE) ini disebabkan karena peradangan pada jerawat yang disebabkan oleh luka akibat memencet jerawat dan sinar UV. Jika Anda memiliki bekas jerawat ini maka Anda juga harus memperbaiki skin barrier Anda. Jangan gunakan banyak skincare dengan bahan keras. 

Untuk meminimalisir bekas jerawat tipe ini, Anda dapat meminimalisir penggunaan pembersih wajah yang mengandung exfoliator atau scrub. Jangan gunakan pembersih wajah atau handuk yang kasar. Gunakan skincare yang memiliki fungsi melembabkan dan melindungi jerawat dari sinar UV.

Selalu gunakan sunscreen dan pelembab wajah yang memiliki bahan bahan untuk melembabkan kulit dan minim zat aktif. Gunakan juga sunscreen yang memiliki tekstur gel atau cream. Jika Anda ingin menggunakan toner, gunakan toner yang memiliki bahan menenangkan seperti centella asiatica, aloevera, green tea atau panthenol. 

Selanjutnya: Mengenal Rio Waida, Peselancar Hits yang Wakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News