CLOSE [X]
ads

Mengenal Apa Itu Skill Set dalam Dunia Kerja

Reporter: Christ Penthatesia
Senin, 30 Agustus 2021 | 11:17 WIB
Mengenal Apa Itu Skill Set dalam Dunia Kerja

ILUSTRASI. Memiliki skill set sangat dibutuhkan di dunia kerja masa kini./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/06/2021.


MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar tentang skill set? Pada masa kini skill set adalah keahlian yang menjadi perhatian khusus sebuah perusahaan. Terutama dalam mempekerjakan pegawai yang berkualitas.

Skill set sendiri adalah gabungan dari skill, kemampuan, dan kualitas kepribadian yang berkembang melalui pengalaman bekerja. Masing-masing orang memiliki set skill yang berbeda-beda. Tergantung dari ketertarikan, kemampuan alami, kualitas personal, dan skill teknik yang dimiliki. 

Hal-hal tersebut bisa diperoleh dan ditingkatkan melalui pendidikan dan pengalaman. Biasany skill set ini adalah gabungan juga dari soft dan hard skill. Soft skill adalah keterampilan yang dimiliki secara alamiah. Skill ini berhubungan dengan cara bekerja dan personality seseorang. 

Baca Juga: Miliki Skill Ini, Agar Bisa Dapatkan Bayaran Kerja Tinggi

Soft skill sendiri bisa dalam bentuk komunikasi baik, kemampuan untuk mendengarkan, bekerja dalam tim, critical thinking, penyelesaian masalah, dan empati dalam bekerja. 

Sedangkan hard skill adalah skill yang bisa dipelajari. Pengetahuan umum dan teknis adalah hal yang diminta sebagai persyaratan bekerja. Contoh dari hard skill adalah matematika, computer programming, data analysis, dan accounting.

Memiliki skill set sangat penting dalam mencari kerja di masa kini. Skill set dapat membantu Anda memiliki rasa percaya diri saat interview, sehingga dapat membuat peluang diterima bekerja menjadi lebih besar. 

Baca Juga: Gratis! Platform Kelas Online Ini Juga Sediakan Sertifikat Pelatihan Skill

Pada masa kini, kemampuan untuk menerapkan kedua skill, soft skill dan hard skill bukanlah perkara yang mudah. Bisa saja seseorang pandai dalam hard skill namun tidak mampu bekerja sama dengan baik dengan orang-orang di lingkungan bekerjanya.

Menurut Forbes, ada 5 besar skill yang harus Anda miliki agar mampu sukses bertahan di tempat kerja. Skill tersebut adalah kemampuan untuk belajar, tahan banting, kelincahan, bekerja sama, dan verbal communication. 

Jika Anda bisa memiliki personality tersebut maka Anda akan mudah dan mampu bertahan dalam lingkungan kerja. Maka itu, selain penting untuk menambah hard skill, mengasah kemampuan soft skill juga tentunya harus dikembangkan.

Selanjutnya: Ternyata Beda! Ini Dia Bedanya Iced Coffee dan Cold Brew

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru