HOME, Santai

Mengenal Apa Itu Butterfly Effect, Teori Kekacauan dalam Kehidupan

Mengenal Apa Itu Butterfly Effect, Teori Kekacauan dalam Kehidupan

MOMSMONEY.ID -Butterfly effect atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai efek kupu-kupu adalah istilah umum yang kerap digunakan oleh banyak orang.

Namun tak semua mengetahui dengan pasti bagaimana butterfly effect ini bisa terjadi.

Efek kupu-kupu ini adalah sebuah teori kekacauan yang biasa terjadi karena adanya perubahan kecil yang terjadi di suatu tempat dan berpengaruh hingga ke tempat lain.

Baca Juga: Tak Bisa Ditonton Sekali, Deretan Film Ini Miliki Plot yang Kompleks

Istilah awal butterfly effect ini digunakan oleh Edward Norton Lorenz yang merujuk pada pemikiran efek yang ditimbulkan oleh kepakan pada sayap kupu-kupu.

Butterfly effect ini juga dikenal sebagai suatu sistem yang memiliki tingkat ketergantungan tinggi atau sangat peka terhadap kondisi awal.

Sehingga perubahan sekecil apa pun yang dilakukan pada kondisi awal, dapat mengubah seluruh sistem secara drastis dalam jangka panjang.

Melansir dari laman Scholar Pedia, istilah teori butterfly effect ini pada awalnya digunakan Lorenz yang merupakan seorang meteorologis untuk menjelaskan hubungan antara kupu-kupu dan tornado dalam penelitiannya.

Baca Juga: 3 Film Baru Siap Tayang di Netflix Minggu Ini, Jangan Sampai Kelewatan!

Namun kini efek kupu-kupu ini bisa terjadi dalam segala aspek kehidupan manusia. Baik dalam aspek bisnis, politik, gaya hidup, keluarga, hingga percintaan bisa mengalami butterfly effect ini.

Sebagai contoh yang dilansir dari laman FS Blog, beberapa kejadian sejarah dunia terjadi dikarenakan efek kupu kupu ini.

Kejadian pengeboman nuklir di Nagasaki, Jepang merupakan salah satu kejadian yang disebabkan karena perubahan kecil yang menyebabkan efek jangka panjang.

Karena cuaca yang buruk, kota Kuroko yang harusnya menjadi salah satu kota sasaran pengeboman menjadi selamat. Tentara militer Amerikan kemudian mengubah sasaran menjadi kota Nagasaki karena adanya masalah gangguan penglihatan yang terjadi di Kuroko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News