HOME, Keluarga

Mengenal 6 Jenis Ras Kucing Peliharaan dan Harganya di Pasaran

Mengenal 6 Jenis Ras Kucing Peliharaan dan Harganya di Pasaran

MOMSMONEY.ID - Kucing sering menjadi pilihan untuk dijadikan hewan peliharaan. Mereka secara umum adalah hewan yang berparas lucu, menggemaskan, penyayang, dan suka bermain. Kucing juga mudah dirawat dan mudah ditemukan.

Ada banyak jenis ras kucing yang bisa dipelihara. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda yang ingin memelihara kucing untuk menemani hari-hari di rumah. Nah, berikut beberapa jenis ras kucing peliharaan dan harganya di pasaran.

Baca Juga: Mengenal 4 Karakteristik Anjing Ras Siberian Husky

Persia

Persia merupakan salah satu kucing ras paling populer yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Karakteristiknya adalah wajah datar, mata bulat, berbulu lebat dan panjang. Secara keseluruhan wajahnya tampak seperti sedang cemberut, tetapi mereka adalah kucing yang tenang, penyayang, dan tak banyak menuntut.

Idealnya, kucing persia jantan memiliki berat 5-7 kg, sedangkan betina 3-5 kg. Tingginya mencapai kisaran 35 cm hingga 45 cm. Harga kucing persia di pasaran mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 2 jutaan.

Anggora

Selain persia, ras anggora juga sangat populer dipelihara di Indonesia. Kucing anggora memiliki bulu yang panjang, berekor panjang dan tebal, hidung panjang, tubuh ramping, serta penampilan yang elegan. Berat anggora jantan bisa mencapai 5 kg, sedangkan anggora betina lebih ringan.  

Saat ini, banyak kucing anggora yang telah melewati persilangan, sehingga jenisnya semakin beragam dengan karakteristik yang berbeda. Harganya di pasaran juga beragam, mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1 jutaan.

Siam

Kucing Siam adalah kucing ras oriental yang sangat mudah ditemui di Thailand. Karakteristiknya sangat unik karena memiliki mata biru, suara lembut, tubuh ramping, ekor panjang, dan bunya pendek. Terutama warna tubuhnya yang khas, berwarna putih tulang di bagian badan dan warna hitam untuk wajah, telinga, sekor, serta kaki-kakinya.

Berat badan kucing siam jantan biasanya sekitar 4-7 kg, sedangkan betina sekitar 5 kg. Tinggi rata-rata ras kucing ini sekitar 53 cm – 60 cm. Sifat kucing siam tidak terlalu manja seperti jenis kucing lainnya, tetapi mereka sangat penyayang dengan pemiliknya.  Harga kucing siam di pasaran cukup bervariasi yakni sekitar Rp 1 juta hingga Rp 5 jutaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan yang Cocok untuk Anak Kucing Usia 4 Minggu Ke Atas

Bengal

Kucing bengal sebenarnya ras kucing liar yang tinggal di dalam hutan. Sebagai kucing yang habitatnya hidup di alam liar, bengal perlu banyak bergerak dengan banyak sesi latihan. Mereka bisa jadi kucing pemburu yang hebat meski telah dipelihara sejak kecil.

Karakteristiknya terletak pada bulunya yang tebal, rapat, dan memiliki pola warna seperti bintik-bintik hingga bergaris. Berat kucing betina mencapai kisaran 4-5 kg, sedangkan yang jantan bisa mencapai 10 kg. Kucing ini cukup mahal di pasaran, yakni bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Maine Coon

Kucing maine coon adalah ras kucing berperawakan besar dibanding kucing ras lainnya. Beratnya mencapai 4-6 kg dan tingginya bisa 1 meter. Ras maine coon berasal dari Maine, Amerika Serikat. Dilansir dari The Spruce Pets, mereka adalah pemburu hebat dan dipopulerkan setelah Cat Fanciers’ Association (CFA) mengakui mereka sebagai ras murni pada akhir 1970-an.

Karakteristiknya adalah mata yang besar, hidung yang lebar dengan ujungnya sedikit melengkung, bulu lebat, halus, dan panjang, serta kakinya yang unik. Kaki mereka memiliki polydactylism (jari kaki ekstra), sehingga membuat kaki mereka yang sudah besar menjadi lebih besar. Harganya cukup mahal, tetapi tak semahal bengal, yakni sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Munchkin

Kucing munchkin merupakan salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami, yakni gen autosom dominant. Ras ini dikembangbiakkan di Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Tubuhnya memiliki ukuran 17-20 cm dengan kaki lebih pendek 7 cm daripada kucing ras lainnya.

Selain kakinya yang pendek, tubuhnya juga mungil dan akan terus mungil sampai mereka dewasa. Namun, berat munchkin jantan dapat mencapai 3-4 kg lebih besar dari betina yang hanya 2-3 kg. Di pasaran, kucing munchkin dijual seharga Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

Selanjutnya: Tips Merawat Hewan Peliharaan yang Sudah Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News