Keluarga

Mengenal 6 Jenis Diet Plant Based, Pola Makan Nabati yang Menyehatkan Tubuh

Mengenal 6 Jenis Diet Plant Based, Pola Makan Nabati yang Menyehatkan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Diet Plant Based atau Diet Nabati merupakan jenis pola makan khusus hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, termasuk kacang-kacangan, sayuran, buah, hingga biji-bijian.

Makanan dalam diet nabati memiliki sedikit pemrosesan sehingga lebih alami dan baik untuk tubuh di segala usia.

Melansir dari laman BDA The Association of UK Dietitians, Diet Plant Based berfokus pada makanan nabati yang lezat dan begizi. Ada banyak ragam makanan yang bisa dipilih dan semuanya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Para Pemilik Perut Buncit

Sayangnya, pada Diet Plant Based, ada beberapa nutrisi yang tidak dimiliki oleh makanan nabati, seperti vitamin B12 dan Omega-3.

Untuk vitamin B12, Anda bisa memperolehnya dari mengonsumsi suplemen B12 tambahan. Sementara untuk Omega-3, jika Anda tak mengonsumsi ikan, Anda bisa mendapatkannya melalui biji kenari, biji chia, dan biji rami.

Dengan mengonsumsi aneka makanan nabati pada Diet Plant Based, Anda akan mengurangi risiko terkena Diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit jantung, hingga kanker.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Pengeroposan Tulang di Usia Paruh Baya

Lantas, apa saja jenis-jenis Diet Plant Based itu? Melansir dari Heart Founding, berikut jenis-jenis Diet Plant Based atau Pola Makan Nabati yang bisa Anda ikuti, di antaranya:

Jenis Diet Plant Based

Flexitarian (semi-vegetarian): Mengonsumsi makanan nabati, termasuk produk telur dan susu. Juga mengonsumsi sangat sedikit porsi daging, unggas, ikan, dan aneka makanan laut.

Peskatarian: Mengonsumsi makanan nabati, termasuk telur, susu, ikan, dan aneka makanan laut. Daging ternak (sapi dan kambing) serta daging unggas (ayam) tidak dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Ovo-vegetarian: Mengonsumsi makanan nabati, termasuk telur. Tidak mengonsumsi daging ternak, unggas, aneka makanan laut, ikan, dan susu.

Lakto-vegetarian: Mengonsumsi makanan nabati, termasuk susu. Tidak mengonsumsi daging ternak, unggas, aneka makanan laut, ikan, dan telur.

Vegetarian (vegetarian lakto-ovo): Mengonsumsi makanan nabati, termasuk telur dan susu. Tidak mengonsumsi daging ternak, unggas, dan seafood vegan.

Vegan: Mengonsumsi hanya makanan nabati. Tidak mengonsumsi semua jenis makanan yang berasal dari hewan, termasuk daging, lemak hewani, hingga berbagai produk olahan yang berasal dari hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News