HOME, Keluarga

Mengenal 5 Layout Dapur yang Wajib Anda Tahu

Mengenal 5 Layout Dapur yang Wajib Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Dapur merupakan salah satu area penting di rumah, jadi desainnya harus mengutamakan kenyamanan penggunanya supaya betah beraktivitas di dapur.

Salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan pengguna dapur adalah tata letak alias layout-nya. Ada beberapa jenis layout dapur yang umum dijumpai, sehingga Anda tinggal memilih layout dapur seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda dan penghuni rumah lainnya.

Nah, kali ini MomsMoney sudah merangkum beragam jenis layout dapur beserta kelebihan dan kekurangannya. Dilansir dari Grundig dan Civiconcepts, berikut beberapa jenis layout dapur yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Dari Gaya Homey Hingga Klasik, Ini 4 Inspirasi Dapur Industrial yang Keren

Single Wall

Layout dapur tipe single wall terdiri dari peralatan dapur, meja, dan lemari yang dipasang pada satu sisi dinding. Layout ini biasanya digunakan di dapur kecil untuk menghemat area sambil tetap memperhatikan fungsionalitasnya.

Kelebihan dari tipe single wall adalah desainnya yang sederhana dan kompak sehingga banyak area dapur akan terasa lebih lega.

Kekurangannya, tipe ini cenderung melelahkan jika dipasang pada dapur berukuran besar, karena mengharuskan Anda terus-menerus bergerak mengikuti area dapur yang panjang.

L-Shape

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KITCHEN INTERIOR (@_ktchn_)

Layout dapur tipe L-shape memiliki desain yang menggunakan dua sisi dapur sehingga membentuk huruf L. Layout ini biasanya digunakan di rumah modern yang berukuran kecil hingga sedang karena membuat pekerjaan di dapur menjadi efisien.

Kelebihan tipe L-shape adalah memudahkan lalu lintas di dapur karena area kerja menjadi berdekatan. Lalu, bentuknya juga mudah dipasang pada sudut ruangan sehingga dapat memaksimalkan area dapur.

Kekurangannya, layout ini juga tidak cocok untuk dapur yang besar karena akan menyulitkan penghuni rumah saat menggunakan dapur.

U-Shape

Selain single wall dan L-Shape, dapur dengan layout U-shape juga populer digunakan di rumah-rumah modern. Layout ini bisa digunakan di dapur berukuran kecil hingga besar.

Kelebihan layout dapur tipe U-shape adalah keberadaan area memasak yang luas, sehingga Anda bisa memasak bersama orang lain dengan nyaman. Lalu, bentuk U pada layout ini membuat kinerja Anda di dapur lebih efektif karena Anda bisa berpindah-pindah area di dapur dengan cepat.

Kekurangannya, layout tipe U-shape cenderung memakan area dapur, sehingga dapat memberikan kesan sempit dan sesak di dapur yang kecil. Sementara itu, penggunaan layout ini di dapur yang terlalu besar juga akan menyulitkan pengguna dalam menggunakan dapur secara efisien.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Makan Gaya Japandi, Suasana Makin Hangat dan Santai

Galley

Layout tipe galley terdiri dari dua meja dapur yang dipasang berhadap-hadapan, sehingga area kerja Anda di dapur terbatas pada satu jalur di antara kedua meja tersebut. Layout jenis ini memiliki desain yang cenderung kompak dan dapat digunakan di rumah kecil.

Kelebihannya, layout dapur ini cocok digunakan di rumah kecil karena dapat menghemat tempat dan membuat pekerjaan di dapur lebih efisien karena perlengkapan dapur diletakkan berdekatan.

Kekurangannya, layout dapur tipe galley dapat memberi kesan sempit dan sesak, serta membatasi area kerja penghuni rumah di dapur. Solusinya, beri jarak yang cukup antara dua sisi dapur sehingga pergerakan Anda akan lebih lega.

Kitchen Island

Kitchen island merupakan lemari atau meja yang dipasang di bagian tengah dapur. Penggunaannya sangat beragam, mulai dari menambahkan wastafel atau kompor hingga memperluas area kerja di dapur.

Kelebihannya, dapur dengan kitchen island bisa menambah area meja dan penyimpanan di dapur, jadi Anda dapat bekerja dan menyimpan barang-barang di dapur dengan lebih leluasa.

Kekurangannya, keberadaan kitchen island cenderung memakan tempat di dapur sehingga tidak cocok untuk dapur berukuran kecil.

Nah, itulah beberapa jenis layout dapur yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa, pilihlah layout dapur yang sesuai dengan kebutuhan agar Anda nyaman beraktivitas di dapur!

Selanjutnya: Inspirasi Kamar Tidur Warna Kuning, Cerah dan Ceria!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News