HOME, Keluarga

Mengenal 5 Kepribadian Anjing Golden Retriever

Mengenal 5 Kepribadian Anjing Golden Retriever

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin sudah sering melihat anjing golden retriever. Ini adalah salah satu ras anjing yang paling populer di Amerika Serikat, sedangkan di Indonesia tak sedikit pula yang memelihara anjing ras ini.

Salah satu pemiliknya adalah Bima Aryo, pemilik akun Youtube The Golden Family yang sering mengisahkan kehidupan anjing-anjing golden retrievernya.

Alasan banyak orang memelihara anjing ini karena kepribadiannya yang menyenangkan dan tingkat kecerdasannya. Mereka umumnya jinak dan senang bermain.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang anjing golden retriever, dilansir dari Golden Hearts, berikut 5 kepribadiannya.

Baca Juga: Ini 6 Macam Vaksin yang Harus Diberikan untuk Anjing Peliharaan

Mereka Mencintai Manusia

Golden retriever adalah pilihan yang sempurna sebagai anjing keluarga karena mereka mencintai manusia. Mungkin karena mereka memang anjing yang ramah.

Kecintaan anjing golden ini tidak memandang usia, baik dewasa maupun anak-anak, anjing golden mencintai semua pemiliknya.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat mengenalkannya dengan anak-anak yang lebih kecil karena mereka tetap membutuhkan pengawasan.  

Golden Retriever Baik dengan Anjing dan Hewan Lain

Anjing-anjing ras ini tidak hanya mencintai manusia, tetapi juga mencintai anjing dan hewan lainnya yang tinggal bersamanya seperti anjing ras lain dan kucing.

Golden Rietriver juga bisa bermain bersama sepanjang hari, selama hewan lainnya siap untuk itu. Namun, anjing jantan terkadang tetap memiliki sifat alphanya, sehingga Anda harus berhati-hati bila memiliki lebih dari satu anjing jantan.

Suka Bersenang-Senang

Golden retriever adalah anjing yang lincah. Dilansir dari Dogtime, golden lambat untuk dewasa dan mempertahankan kepribadian anak anjing yang konyol dan menyenangkan sampai usia 3-4 tahun.

Oleh karena itu, anjing ini tampak selalu suka bersenang-senang dan bermain ke sana-ke sini. Bahkan sifat ini bisa dipertahankannya sampai usia tua.

Karena sifatnya yang penuh energi ini, Anda perlu memberikan aktivitas harian untuk anjing golden. Sebab, bila dibiarkan sendirian, anjing golden dapat mengembangkan perilaku destruktif karena rasa bosan dan energi tubuh yang menumpuk.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Bulu Anjing Peliharaan yang Lebat

Cerdas dan Mudah Dilatih

Meski anjing golden suka bersenang-senang, mereka sangat cerdas. Menurut buku Dr. Stanley Coren, The Psychology of Dogs, mereka adalah jenis anjing terpintar keempat.

Sementara tiga lainnya yang lebih pintar adalah border collies, poodle, dan german shepherds.

Oleh karena itu, anjing golden sangat mudah untuk dilatih, meski Anda tetap membutuhkan kesabaran dan pelatihan berulang.

Mereka memiliki kombinasi untuk menyenangkan Anda dan kemampuan mental untuk memahami komunikasi yang Anda lakukan.

Pemberani, tapi Jarang Agresif

Sebelumnya, anjing golden dibiakkan untuk menjadi anjing pemburu, sehingga pemberani adalah salah satu ciri kepribadiannya. Meski begitu, anjing golden tetap memiliki kebaikan hati dan rasa cinta, sehingga mereka tak memiliki banyak ruang untuk menciptakan agresi.

Anjing golden adalah penggonggong moderat, yang mana tidak selalu menggonggong di setiap suara kecil.

Namun, mereka mungkin akan menggonggong untuk memberi tahu Anda bahwa seseorang sedang mengendap-endap di luar atau saat anggota keluarganya dalam posisi bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News