HOME, Bugar

Mengenal 4 Perawatan Kulit Tubuh Tradisional pada Masyarakat Jawa

Mengenal 4 Perawatan Kulit Tubuh Tradisional pada Masyarakat Jawa

MOMSMONEY.ID - Wanita Indonesia sudah sejak dahulu melakukan perawatan kulit tubuh agar tetap sehat dan cantik. Warisan kecantikan turun temurun dari nenek moyang ini masih dilakukan, salah satunya perawatan tradisional masyarakat jawa. Perawatan tubuh tradisional meliputi perawatan harian, lulur, mandi rempah, minum jamu dan lain-lain.

Bahkan, sampai saat ini perawatan tradisional makin berkembang dan terus berinovasi. Jika anda tertarik dengan perawatan tradisional dari masyarakat jawa, berikut penjelasan singkat mengenai perawatan kulit tubuh tradisionalnya, yakni:

1. Lulur

Lulur adalah perawatan kulit tubuh tradisional masyarakat jawa yang paling terkenal dan sampai sekarang masih dilakukan. Tentunya anda sudah biasa melakukan luluran setiap minggu, moms. Ada berbagai macam produk lulur yang bisa anda coba sesuai dengan kebutuhan kulit tubuh.

Melasnir dari parasayu.net, Bahan dasar lulur tradisional seperti kunyit, bahan alami ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri untuk kulit, lalu ada sekal klabet (untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori), serta temu giring yang berfungsi mencerahkan kulit.

Ramuan lulur tersebut dioleskan ke seluruh tubuh, dibiarkan sampai kering, baru dibasuh dengan air hangat. Jika anda rajin menggunakan lulur kunyit, maka dapat membuat kulit cerah dan bercahaya.

2. Jamu

Sampai hari ini jamu masih dikonsumsi oleh masyarakat jawa. Jamu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Jamu biasanya disajikan setelah terapi berupa ramuan sehat yang terdiri dari cengkih, santan, dan gula batu.

Jamu ini memiliki khasiat untuk kecantikan yaitu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan dipercaya membuat wajah awet muda.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Skincare untuk Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

3. Mangir

Mangir adalah perawatan kulit tubuh tradisional yang digunakan oleh para bangsawan keraton. Mangir berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit  mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru agar terlihat cerah, sehat serta untuk memutihkan kulit tubuh.

Anda bisa melakukan perawatan kulit tubuh ini 2 minggu sekali. Jika anda tertarik mencobanya di rumah, berikut bahan dan tata cara ramuan mangir yang dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

Bahan-bahan:

  • Tepung bengkoang 40 gram
  • Bubuk temu giring/temu giring yang dihaluskan 50 gram
  • Bubuk kunyit/kunyit yang dihaluskan 25 gram
  • Bubuk adas 25 gram
  • Bubuk pinang 25 gram
  • Bubuk akar manis 25 gram
  • Tepung beras 25 gram
  • Bubuk klabet 25 gram

Cara membuat:

  • Campur semua bahan
  • Tambahkan air secukupnya kemudian aduk sampai teksturnya seperti tanah liat yang mudah dibentuk. 
  • Bentuk bahan sesuai yang diinginkan
  • Masukkan ke dalam oven selama 15 menit sampai agak mengeras
  • Masukkan ke wadah dan simpan di suhu ruangan. Apabila ingin langsung digunakan cukup karutkan dengan air hangat dan oleskan ke bagian tubuh. 

4. Ratus

Ratus adalah perawatan kecantikan tradisional dari ken dedes yang sejak lama telah dilakukan. Mengutip dari parasayu.net, Ratus ialah metode penguapan tubuh mirip dengan sauna yang menggunakan campuran herbal. Terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang dikeringkan lalu kemudian direbus dalam air panas.

Ratus terbukti dapat memperlancar aliran darah dan dapat membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dapat membersihkan wajah dari berbagai kotoran. Hasilnya kulit dan wajah terlihat bersih dan bercahaya.

Melansir dari indonesianbeautyheritage.com, Ken dedes juga meratus seluruh tubuhnya terutama miss v bertujuan untuk membersihkan daerah miss v dan mencegah keputihan. Selain itu, ratus juga bisa menghilangkan bau badan, melancarkan peredaran darah dan mencegah stres serta kelekahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News