Bugar

Mengenal 4 Jenis Warna Darah Menstruasi dan Artinya

Mengenal 4 Jenis Warna Darah Menstruasi dan Artinya

MOMSMONEY.ID - Menegenali jenis warna darah menstruasi dan artinya tidak ada salahnya agar kita bisa mengerti kesehatan tubuh kita.

Kondisi kesehatan perempuan, terutama yang berkaitan dengan reproduksi dan organ vital bisa diketahui melalui warna darah menstruasi.

Beda warna darah yang keluar, bisa memiliki arti yang berbeda pula. Namun jangan khawatir, perubahan warna darah saat menstruasi tidak selalu buruk.

Seperti yang dilansir dari Women's Health, inilah beberapa jenis warna darah menstruasi dan artinya yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

1. Merah gelap

Jenis warna darah menstruasi yang pertama adalah merah gelap. Darah yang berwarna merah gelap memiliki arti masih mengeluarkan darah nifas.

Selain itu, darah menstruasi yang berwarna merah gelap juga bisa menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir. 

2. Merah muda

Jenis warna darah menstruasi yang kedua adalah merah muda. Biasanya muncul pada masa awal menstruasi dan menjelang siklus selesai.

Salah satu kondisi yang bisa ditandai dengan darah menstruasi berwarna merah muda adalah rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh. 

Darah merah muda yang keluar mungkin juga adalah lokia, yaitu darah nifas yang umumnya keluar selama beberapa waktu setelah wanita melahirkan. 

3. Merah menyala

Jenis warna darah menstruasi yang ketiga adalah merah menyala. Pada awal keluarnya, darah menstruasi umumnya akan berwarna merah menyala.

Namun seiring hari, warna darah akan memudar dan menjadi lebih gelap. Hati-hati jika warna merah menyala ini terus bertahan dan terjadi secara berlebihan. 

Kondisi ini disebut bisa menjadi tanda adanya infeksi seperti gonorrhea, hingga gejala fibroids. Keluarnya darah berwarna merah menyala juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. 

4. Darah cokelat 

Jenis warna darah menstruasi yang selanjutnya adalah darah cokelat. Jika kadar progesteron dalam rahim rendah, maka darah menstruasi akan berwarna coklat.

Ini karena darah butuh waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Darah menstruasi yang berwarna cokelat juga bisa menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir. 

Baca Juga: Sering Kentut Saat Menstruasi? Ini Dia Penyebabnya

5. Darah hitam

Jenis warna darah menstruasi yang terakhir adalah darah hitam. Jangan panik jika darah menstruasi tiba-tiba berwarna kehitaman.

Serupa dengan darah berwarna cokelat, darah menstruasi hitam juga bisa menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir.

Darah menstruasi berwarna hitam merupakan darah lama alias darah menstruasi yang tersisa, mungkin dari bulan sebelumnya. 

Apabila warna darah menstruasi berbeda dari biasanya dan diiringi dengan gejala lain, segera periksakan ke dokter.  

Itulah penjelasan tentang jenis darah warna darah menstruasi dan artinya yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News