AturUang

Mengatur Gaya Hidup untuk Masa Depan Anak

Mengatur Gaya Hidup untuk Masa Depan Anak

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orangtua, menjadi bagian dari generasi sandwich tentu kerap bingung: kebutuhan siapa yang menjadi prioritas.  

Namun, menurut Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Finance mengatakan prioritas utama adalah kebutuhan anak. Pasalnya, anak merupakan tanggung jawab orang tuanya dan menentukan masa depan atau kehidupan mereka. 

Ia mengatakan, jika sudah terlanjur jadi bagiannya, maka perlu mengatur uang keluarga dan menjadikannya biaya rutin. Jadi misalnya biaya rutin kita Rp 5 juta dan kita harus mengirim ke orang tua Rp 2 juta, maka biaya rutin adalah Rp 7 juta.

Baca Juga: Sama-Sama Bekerja Guna Meringankan Beban Sandwich Generation

Untuk mencukupinya, harus mengevaluasi pendapatan kita. Prita bilang berat jika hanya mengandalkan satu pendapatan saja di jaman seperti sekarang ini. "Oleh sebab kita harus mencari sumber pendapatan baru," kata Prita. 

Selain mencari pendapatan baru, tugas utama kita adalah menekan pengeluaran. Apalagi di tengah pandemi seperti ini yang membuat pendapatan menjadi berkurang. 

Akan tetapi, jika tidak berkurang, Prita bilang sekarang waktu yang tepat untuk menambah dana darurat. Jangan ketinggalan pulai menambah asuransi kesehatan karena pandemi ini bisa mengancam kesehatan kita.

"Keluarga besar sebaiknya dicover BPJS Kesehatan agar tidak mengambil porsi dana darurat jika ada yang sakit," pesan Prita.
Prita menambahkan sejak dini, kita juga harus mengatur gaya hidup agar nantinya tidak membebani anak-anak. 

"Yang susah itu sebenarnya bukan mengatur keuangan, tetapi mengatur gaya hidup," ujar Prita.  

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Berbalik Menguat, Jumat (29/10)

             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News