Bugar

Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam urat merupakan jenis radang sendi yang menyakitkan, sehingga bisa mengganggu kehidupan pengidapnya. 

Meskipun sudah banyak obat asam urat yang dijual bebas, beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami. Alasannya dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Asam urat tinggi memang memerlukan pengobatan dari dokter, namun untuk mendukung pengobatan tersebut, ada beberapa obat alami asam urat yang bisa Anda coba di rumah. 

Dilansir dari Very Well Health dan Healthline, berikut ini adalah beberapa obat asam urat dengan bahan alami yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Sebaiknya Dihindari! Ini 5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Asam Urat

Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang sudah umum digunakan sebagai bumbu masakan dan jamu di Indonesia. Ternyata jahe juga termasuk salah satu obat alami asam urat.

Ini karena jahe mengandung zat antiradang yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat asam urat.

Buah dan sayuran yang kaya vitamin C

Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayur yang kaya vitamin C bisa mengurangi kadar asam urat tinggi.

Jenis buah-buahan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, tomat, dan semangka.

Sementara itu, sayuran untuk penderita asam urat yang kaya vitamin C adalah bayam, kembang kol, brokoli, kentang, cabai, dan paprika.

Seledri atau biji seledri

Seledri merupakan sayuran yang sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran sudah menjadi obat asam urat alami yang populer.

Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan. Sayangnya, belum diketahui jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat.

Cobalah perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah. Bila Anda membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Nyeri di Jempol Kaki Bisa Jadi Tanda Asam Urat, Ini Penjelasan Lengkapnya

Kunyit

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit pun kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti asam urat.

Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang bisa mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Ceri atau jus ceri asam

Berbagai jenis ceri, baik yang rasanya asam, manis, berwarna merah atau hitam merupakan obat asam urat alami yang sangat populer dan ampuh bagi banyak orang.

Beberapa studi pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa buah berukuran kecil ini bermanfaat untuk mencegah asam urat kambuh.

Anda bisa mengonsumsi ceri untuk mengatasi penyakit asam urat dengan cara dimakan langsung atau dihaluskan dengan air menjadi jus.

Suplemen yang terbuat dari ekstrak ceri juga sudah bisa ditemukan di beberapa toko kesehatan. Jumlah yang disarankan sekitar setengah cangkir dan 1 pon ceri per hari.

Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan ini dan ingat bahwa obat alami asam urat ini tidak bisa mengganti terapi medis untuk mengatasi asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News