HOME, Keluarga

Mengapa Warna Netral Cocok untuk Rumah Minimalis? Ini Alasannya

Mengapa Warna Netral Cocok untuk Rumah Minimalis? Ini Alasannya

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan pilihan warna untuk rumah minimalis, kebanyakan orang akan cenderung memilih warna-warna yang bersifat netral seperti putih, coklat, abu-abu, dan hitam.

Memang, warna netral biasanya dianggap sebagai pilihan warna yang aman, sehingga kerap digunakan pada rumah-rumah bergaya minimalis.

Namun, apa sebenarnya yang membuat warna netral identik dengan rumah minimalis? Apa saja kelebihan dari kelompok warna ini? Dirangkum dari Home Design Institute dan The Spruce, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mencari Warna Keramik yang Pas untuk Kamar Mandi? Ini Rekomendasinya!

Terlihat sederhana

Salah satu alasan utama mengapa warna netral terlihat cocok dengan rumah minimalis adalah kesan sederhana yang dihadirkan oleh warna-warna tersebut.

Rumah minimalis biasanya mengedepankan tampilan rumah yang sederhana, simpel, dan rapi. Oleh karena itu, warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti warna netral akan terlihat sesuai bila digunakan di rumah bergaya minimalis.

Mudah dikombinasikan

Sudah bukan rahasia lagi bila warna-warna netral cocok dikombinasikan dengan warna-warna lainnya, sehingga warna netral dapat menjadi warna dasar untuk berbagai perpaduan warna interior rumah.

Selain itu, jika Anda ingin mengombinasikan gaya minimalis dengan gaya lainnya (misalnya gaya Japandi atau boho), penggunaan warna netral akan membuat perpaduan gaya-gaya tersebut terlihat lebih nyambung dan serasi.

Baca Juga: 5 Trik Simpel Membuat Rumah Tampak Selalu Apik

Memberi kesan bersih dan lapang

Warna-warna netral yang cerah seperti putih, coklat muda, dan abu-abu muda dapat memberikan tampilan interior rumah yang bersih. Hal ini tentu akan membuat rumah minimalis Anda terlihat semakin menarik.

Selain itu, jika rumah Anda kebetulan berukuran kecil, penggunaan warna netral yang cerah akan membantu membuat rumah terkesan lebih luas dan lapang karena dapat memantulkan dan menyebarkan cahaya dengan baik.

Baca Juga: Tips Mengepel Lantai yang Efektif, Bikin Kinclong dan Kesat!

Nyaman dan menenangkan

Warna netral tidak akan terlihat mencolok di mata, sehingga akan memberi kesan nyaman dan menenangkan di rumah Anda. Oleh karena itu, tak heran warna ini tergolong pilihan warna yang aman.

Jika Anda ingin memaksimalkan kesan nyaman dan menenangkan tersebut, Anda bisa menggunakan warna-warna netral yang terkesan sejuk dan dingin, misalnya warna putih dan abu-abu yang cool tone.

Tidak mudah ketinggalan zaman

Salah satu hal yang khas dari warna-warna netral adalah sifatnya yang timeless alias tidak mudah ketinggalan zaman, sehingga warna ini bisa dipakai kapan saja.

Jadi, warna-warna netral sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mengganti tampilan interior rumah secara berkala. Cukup gunakan beberapa warna tertentu, tampilan rumah minimalis Anda akan terlihat simpel sekaligus stylish selama bertahun-tahun.

Itulah beberapa alasan mengapa warna netral cocok digunakan di rumah minimalis. Bagaimana, tertarik menggunakan warna-warna netral di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News