Santai

Mengapa Memakai Celana Dalam Sebaiknya Berbahan Katun?

Mengapa Memakai Celana Dalam Sebaiknya Berbahan Katun?

MOMSMONEY.ID - Saat ini, celana dalam berbahan katun menjadi pilihan banyak orang yang mengutamakan kenyamanan. Lalu sebenarnya, mengapa memakai celana dalam sebaiknya berbahan katun?

Katun adalah salah satu jenis kain yang lembut jika bersentuhan dengan kulit. Ada banyak alasan mengapa memakai celana dalam sebaiknya berbahan katun. Mulai dari alasan kenyamanan hingga kesehatan. 

Baca Juga: 3 Penyebab Anak Remaja Suka Menunda-nunda Pekerjaan, Apa Saja?

Melansir Bluecanoe dan Cottonique, berikut alasan mengapa memakai celana dalam sebaiknya berbahan katun:

1. Celana dalam katun tidak gerah saat digunakan

Beberapa ahli setuju, bahan katun adalah salah satu yang terbaik bagi tubuh Anda. Dr Alyse Kelly-Jones, dokter bersertifikasi OB-GYN, mengatakan, katun bisa menyerap kelembapan yang berlebih dan membuat Anda merasa nyaman. 

Sementara celana dalam yang terbuat dari bahan sintetis malah berisiko menimbulkan infeksi jamur. Sebab, bahan sintetis memiliki sifat menyimpan panas dan kelembapan.

Dokter dan para ahli juga merekomendasikan celana dalam berbahan katun karena bisa mengurangi penyebaran bakteri infeksi saluran kemih dan bakteri vaginosis. 

2. Celana dalam berbahan katun nyaman digunakan

Celana dalam berbahan katun memberikan kenyamanan dalam aktivitas harian Anda. Moms tak perlu takut merasa tak nyaman meski beraktivitas di luar rumah seharian. 

Meski begitu, ada kekurangan celana dalam berbahan katun, yakni tidak memiliki banyak variasi warna atau model yang menarik. 

Baca Juga: Kini Anda Tak Bisa Lagi Beli Tiket KRL Jogja-Solo & Jabodetabek Pakai LinkAja

3. Celana dalam berbahan katun pilihan tepat jika sering iritasi vulva

Alasan mengapa memakai celana dalam sebaiknya berbahan katun adalah memberikan perlindungan. Terutama, bagi Anda yang menderita vulvodynia atau iritasi terus menerus pada vulva.

Menggunakan celana dalam katun bisa mengurangi gejala vulvodynia. 

4. Celana dalam katun mencegah munculnya bau

Pada daerah kemaluan, terutama bagi perempuan, merupakan tempat yang lembab dan menjadi dearah yang rawan pertumbuhan jamur. Kelembapan pada alat kelamin ini bisa menyebabkan munculnya bakteri penyebab bau tak sedap. 

Nah, alasan mngapa sebaiknya menggunakan celana dalam berbahan katun adalah katun bisa mencegah munculnya bau tak sedap tersebut.

Selain karena tidak gerah saat digunakan, katun juga bisa menyerap kelebihan kelembapan dan membuat daerah kemaluan jadi kering dan bebas bakteri. 

5. Mencegah gatal pada vagina

Sebenarnya, penyabab gatal pada vagina banyak faktornya. Mulai dari penyakit menular seksual, dermatitis, hingga karena Anda salah memilih celana dalam. 

Alasan mengapa sebaiknya Anda menggunakan celana dalam berbahan katun adalah mencegah vagina tetap kering dan bebas dari kelembapan yang sering membuat vagina terasa gatal.

Selain itu, celana dalam berbahan lateks banyak menggunakan bahan kimia yang menyebabkan rasa gatal. 

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Membersihkan Cincin Emas Di Rumah

6. Melindungi saat Anda menstruasi

Alasan lain mengapa sebaiknya Anda menggunakan celana dalam berbahan katun lantaran kemampuan bahan ini dalam menyerap cairan. Katun bisa membantu penyerapan darah menstruasi jika pembalut Anda tak mampu lagi menampungnya.

Meski begitu, tak ada jaminan seluruh darah menstruasi akan terserap semua oleh celana dalam katun.

Demikian informasi mengenai 6 alasan mengapa sebaiknya Anda menggunakan celana dalam berbahan katun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News