Keluarga

Mengapa Kucing Suka Mendengkur? Simak Alasannya di Sini!

Mengapa Kucing Suka Mendengkur? Simak Alasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Salah satu kebiasaan kucing yang sangat dikenal orang-orang, bahkan yang tidak suka kucing sekalipun, adalah kecenderungan mereka untuk mendengkur atau purring.

Umumnya, suara dengkuran yang rendah ini menandakan si kucing merasa senang dan nyaman. Namun, jika ditelusur, ternyata kucing menggunakan dengkurannya untuk mengekspresikan berbagai emosi lainnya.

Jadi, mengapa si kucing suka mendengkur, dan apa arti di balik dengkurannya tersebut? Dirangkum dari WebMD dan Insider, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengapa Kucing Peliharaan Suka Tidur? Berikut Alasannya

Merasa senang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu alasan utama mengapa kucing mendengkur adalah karena mereka merasa nyaman dan senang. Terkadang, suara dengkuran ini bisa muncul saat mereka bersantai sendirian, atau ketika menempel dengan Anda.

Cara berkomunikasi antara induk kucing dan bayinya

Ketika baru melahirkan, induk kucing akan banyak mendengkur dan dibalas dengan dengkuran dari bayinya beberapa hari kemudian. Faktanya, dengkuran ini merupakan cara untuk berkomunikasi antara induk kucing dan bayinya. Getaran dari dengkuran sang induk dapat membantu bayi kucing menyusui dengan mudah.

Sedang takut, stres, atau cemas

Jika suara dengkuran kucing biasanya dikaitkan dengan rasa senang, terkadang dengkuran tersebut justru berarti si kucing sedang merasa takut, stres, atau cemas. Bedanya, dengkuran ini terkadang terdengar lebih melengking dan diikuti dengan suara terengah-engah atau gigi yang ditampakkan dari si kucing.

Baca Juga: Bukan Sekadar Anggota Tubuh, Ternyata Ini Fungsi Ekor Kucing!

Menenangkan dan menyembuhkan diri sendiri

Ketika terluka, melahirkan, atau sedang merasa tidak nyaman, beberapa kucing biasanya mendengkur untuk menenangkan dirinya sendiri. Beberapa sumber mengatakan suara dengkuran ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan membuat napas lebih teratur, serta menstimulasi penyembuhan pada kucing, khususnya pada bagian tulang dan tendon.

Menyapa kucing lain

Terkadang, jika kucing peliharaan Anda melihat atau bertemu kucing lain yang mereka kenal, si kucing bisa saja mendengkur. Suara dengkuran ini kemungkinan menjadi cara si kucing menunjukkan bahwa mereka bersahabat dan bukan ancaman bagi kucing lainnya.

Menginginkan sesuatu

Kucing yang mendengkur juga bisa menandakan mereka menginginkan sesuatu dari pemiliknya, misalnya meminta makan. Dibandingkan dengkuran biasa, dengkuran yang satu ini umumnya terdengar lebih melengking dan memberi kesan seperti bayi yang menangis, sehingga kemungkinan lebih cepat direspon oleh sang pemilik.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing mendengkur. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News