HOME, Santai

Mengapa Berat Badan Bertambah Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya

Mengapa Berat Badan Bertambah Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Sesama perempuan pastinya kerap merasakan adanya penambahan berat badan yang terjadi saat menjelang menstruasi.

Tiba-tiba merasa gendut dan berat badan yang bertambah adalah tanda yang kerap dialami oleh banyak perempuan ketika menjelang menstruasi.

Hal tersebut merupakan hal normal yang terjadi menjelang menstruasi. Penambahan berat badan akan kembali ke normal ketika telah memasuki masa-masa menstruasi.

Baca Juga: Payudara Sering Terasa Nyeri? Ini Penyebabnya

Merasa perut kembung dan bertambah berat badan merupakan gejala normal yang terjadi saat PMS. Hal tersebut kebanyakan diakibatkan karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh.

Melansir dari laman Health Line, perubahan hormon bisa mengakibatkan munculnya suatu kondisi yang disebut dengan water retention.

Hari hari menjelang menstruasi, produksi hormon esterogen dan progresterone berkurang secara drastis. Sehingga, tubuh akan mulai memproduksi banyak cairan untuk menggantikannya.

Kondisi water retention adalah sebuah kondisi yang menyebabkan payudara terasa lebih penuh dan perut menjadi buncit atau terasa lebih gendut.

Baca Juga: Inilah Hormon yang Dimiliki Perempuan, Kamu Wajib Tahu!

Pertambahan tersebut yang membuat tubuh bertambah berat karena air, bukan karena bertambahnya lemak pada tubuh. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang bisa dihindari, namun dapat dikurangi.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan menambah konsumsi air, serat, dan vitamin magnesium dalam tubuh.

Selain itu, laman Women Health Mag juga menyarankan agar mulai mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit saat terjadinya PMS. Agar rasa lapar yang berlebih bisa dihindari dan terhindar dari resiko perut buncit saat PMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News