Keluarga

Mengapa Ada Warna Mata Kucing yang Berbeda? Simak Jawabannya di Sini!

Mengapa Ada Warna Mata Kucing yang Berbeda? Simak Jawabannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Sama seperti manusia, kucing juga memiliki warna mata yang berbeda-beda. Ada kucing dengan mata berwarna biru, hijau, kuning, hingga oranye.

Biasanya, kucing memiliki warna mata yang sama pada kedua sisi matanya. Namun, ada juga kucing dengan warna mata kiri dan kanan yang berbeda, dikenal juga sebagai kucing odd-eye.

Pertanyaannya, mengapa ada warna mata kucing yang berbeda? Apakah warna mata yang berbeda menandakan penyakit atau gangguan kesehatan tertentu?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ras Kucing dengan Mata Biru, Bikin Betah Dipandangi!

Alasan mata warna kucing berbeda

Dikutip dari laman Cats.org.uk, kondisi ketika kucing memiliki warna mata berbeda disebut sebagai heterochromia. Kondisi ini juga bisa terjadi pada manusia dan anjing.

Kucing dengan heterochromia biasanya memiliki satu mata berwarna biru dengan satu mata berwarna hijau, oranye, atau kuning.

Penyebab heterochromia

Ketika lahir, anak kucing akan memiliki mata berwarna biru karena bagian matanya belum bisa memproduksi melanin, yaitu zat yang memberi warna pada mata, bulu, dan kulit kucing.

Seiring waktu, melanin tersebut akan muncul pelan-pelan sehingga warna mata kucing akan mulai berubah. Jika kekurangan melanin, mata si kucing akan tetap berwarna biru dan tidak mengalami perubahan warna.

Namun, jika si kucing memiliki kondisi heterochromia, perubahan warna tersebut hanya terjadi pada satu mata, sehingga menghasilkan kedua warna mata yang berbeda.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Berbulu Putih, Benarkah Semuanya Tuli?

Masalah yang dialami kucing dengan heterochromia

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kucing dengan heterochromia memiliki masalah penglihatan tertentu?

Menurut Pet Keen, heterochromia sama sekali tidak mempengaruhi penglihatan kucing, sehingga mereka bisa melihat dengan normal seperti kucing lainnya.

Namun, jika kucing dengan heterochromia kebetulan memiliki bulu berwarna putih, ada kemungkinan mereka tuli pada sisi telinga dengan mata berwarna biru.

Hal ini disebabkan oleh gen pada kucing putih yang berpotensi menyebabkan tuli pada telinganya. Walaupun begitu, tidak semua kucing putih dengan mata biru mengalami tuli.

Bisakah ditemukan pada semua ras kucing?

Dilansir dari Catster.com, kondisi heterochromia biasanya lebih sering ditemukan pada beberapa ras kucing tertentu, misalnya British Shorthair, Japanese Bobtail, Persia, Scottish Fold, Anggora, Sphynx, Siamese, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kucing putih dari berbagai ras juga kerap memiliki warna mata yang berbeda. Jadi, kondisi ini tidak hanya spesifik ditemukan pada satu atau dua ras kucing saja.

Itulah penjelasan mengenai warna mata kucing yang berbeda. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News