CLOSE [X]
ads

Mengapa Ada Bunga Es di Freezer Kulkas? Ketahui Beberapa Penyebabnya

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 20 Mei 2022 | 14:06 WIB
Mengapa Ada Bunga Es di Freezer Kulkas? Ketahui Beberapa Penyebabnya

ILUSTRASI. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya bunga es di freezer dan kulkas.


MOMSMONEY.ID - Bunga es atau ice frost yang muncul di freezer dan kulkas memang bisa menjadi masalah yang menyebalkan. Tak hanya mengurangi estetika dan kapasitas freezer, bunga es juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

Nah, supaya bunga es tersebut bisa dicegah, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa saja penyebab kemunculan bunga es tersebut. Ternyata, bunga es yang muncul di freezer kerap disebabkan oleh hal-hal sepele, lo.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Kloset Duduk vs Kloset Jongkok, Mana yang Sebaiknya Digunakan?

Karet penutup kulkas yang rusak

Dilansir dari laman GE Appliances, karet penutup pintu kulkas atau gasket yang rusak bisa menjadi penyebab munculnya bunga es di freezer dan kulkas.

Mengapa? Sebab, gasket yang rusak akan membuat pintu kulkas dan freezer tidak tertutup dengan sempurna, sehingga menyebabkan udara hangat dari luar bisa masuk ke dalam freezer dengan mudah. Udara hangat ini akan mengembun, sehingga evaporator di dalam freezer akan langsung mendinginkannya dan menghasilkan bunga es.

Pintu freezer terbuka

Punya kebiasaan membuka-tutup kulkas dan freezer berkali-kali? Hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi suhu di dalam kulkas dan freezer, sehingga memicu munculnya bunga es.

Hampir sama seperti poin sebelumnya, kulkas dan freezer yang sering dibuka-tutup akan menyebabkan udara hangat dari luar masuk ke dalam, sambil melepaskan udara dingin ke luar. Akibatnya, udara hangat yang ada di dalam kulkas dan freezer akan mengembun dan membentuk bunga es.

Baca Juga: Rekomendasi Online Shop Pot Tanaman Aesthetic untuk Mempercantik Rumah

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER