HOME, Bugar

Mengalami Flek Hitam? Inilah 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Mengalami Flek Hitam? Inilah 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Jeruk nipis salah satu bahan alami yang tidak diragukan manfaatnya untuk kulit wajah. Walaupun rasanya asam tetapi jeruk nipis sejak dahulu dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk merawat kulit wajah. Hal tersebut berkat kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A dan antioksidan yang terdapat di dalam jeruk nipis.   

Vitamin C dikenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, jeruk nipis sering ditemukan pada produk skincare. Melansir dari herworld.co.id, ada lima manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit yang harus Anda tahu. Ada apa saja, ya? Cari tahu infonya di sini. 

1. Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat jeruk nipis yang pertama yaitu mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Flek hitam diakibatkan oleh paparan sinar matahari atau bekas jerawat yang menghitam di permukaan kulit. Anda bisa membuat masker alami di rumah dengan kombinasi jeruk nipis dan madu. 

Nutrisi yang terkandung dalam madu membuat wajah lembab dan kenyal, kandungan pada buah jeruk nipis efektif mengangkat sel kulit mati. Gunakan masker alami ini seminggu sekali secara rutin sehingga flek hitam di wajah hilang dan kulit terasa cerah.

2. Mencegah Penuan Dini 

Manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya yaitu mencegah penuaan dini. Penuaan dini diakibatkan oleh banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Mengandung antioksidan yang cukup tinggi, jeruk nipis terbukti dapat melawan radikal bebas.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini juga mendukung proses protein kolagen dalam menghindari kerutan pada kulit. Jika Anda rutin mengonsumsi vitamin C, maka risiko mengalami kulit kering dan keriput dapat dicegah menjelang usia tua nanti.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Ampuh Memudarkan Dark Spot dan Bekas Jerawat

3. Melembabkan Wajah

Selain mencegah penuaan dini, jeruk nipis juga bisa melembabkan wajah Anda. Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, jeruk nipis mampu menghidrasi kulit secara maksimal. Hasilnya kulit akan terasa lembab dan kenyal. 

4. Mencerahkan Wajah

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mencerahkan kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam, varian produk skincare berbahan jeruk nipis bisa Anda pilih. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Mengikis sel kulit mati, akan membuat wajah Anda yang terlihat lebih cerah. Pengangkatan kulit mati yang cepat juga mencegah penyumbatan pori-pori dan dapat membantu mengurangi munculnya komedo serta jerawat.

5. Mengatasi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat jeruk nipis lainnya untuk wajah adalah mampu mengatasi produksi minyak berlebih. Sari jeruk nipis memiliki sifat astringen yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengencangkan otot serta membantu kurangi minyak berlebih. Dengan produk perawatan berbahan dasar jeruk nipis, minyak berlebih di wajah bisa segera diatasi. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja dan Harga Terjagkau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News