HOME, Keluarga

Mencuci Pakaian Lebih Mudah, Ini 5 Tips Menata Laundry Room di Rumah

Mencuci Pakaian Lebih Mudah, Ini 5 Tips Menata Laundry Room di Rumah

MOMSMONEY.ID - Laundry room atau ruang binatu adalah suatu area atau ruangan khusus di rumah yang digunakan untuk mencuci pakaian.

Area yang satu ini kerap diabaikan saat tengah menata atau mendesain rumah. Padahal, membuat laundry room bisa memudahkan Anda dan penghuni rumah lainnya dalam mengurus pakaian kotor, lo.

Selain untuk mencuci pakaian kotor, laundry room juga bisa dimanfaatkan untuk menjemur dan menyetrika pakaian sekaligus. Jadi, Anda tidak perlu berpindah-pindah ruangan hanya untuk mengurus pakaian di rumah. Praktis, kan?

Nah, jika Anda berencana untuk membuat atau menata laundry room di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Houzz dan Real Homes, berikut tipsnya.

Baca Juga: Memilih Deterjen Bubuk atau Cair, Mana yang Lebih Baik?

Tentukan penggunaannya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laundry room biasanya digunakan untuk mencuci pakaian. Namun, ada juga pemilik rumah yang memilih untuk memanfaatkan laundry room untuk menjemur dan menyetrika pakaian sekaligus, sehingga semua urusan pakaian kotor bisa diselesaikan di satu ruangan.

Jadi, Anda perlu menentukan seperti apa penggunaan laundry room jika sudah selesai dibuat. Apakah hanya akan digunakan untuk mencuci pakaian, atau sekalian untuk menjemur dan menyetrika pakaian? Tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah, ya.

Tentukan tempat yang tepat

Selanjutnya, tentukan tempat yang tepat sebagai lokasi laundry room. Biasanya, laundry room terletak di bagian belakang rumah, walaupun Anda bisa menggabungkannya dengan kamar mandi atau dapur.

Saat menentukan tempat untuk laundry room, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Misalnya, apakah akses keluar-masuk area mudah, apakah Anda bisa bergerak bebas di area tersebut, atau apakah ruangan tersebut akan muat ditempati mesin cuci dan perlengkapan lainnya.

Perhatikan ukuran areanya

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, perhatikan ukuran area yang akan dijadikan laundry room untuk menentukan penataan yang tepat.

Misalnya, jika area laundry room cukup terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan mesin cuci dengan desain yang ramping dan tidak terlalu besar. Atau, gunakan metode penyimpanan peralatan secara vertikal supaya tidak terlalu memakan tempat di lantai.

Baca Juga: Ini 6 Tips Gampang Agar Baju Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Jangan lupakan sumber air dan listrik

Karena mesin cuci merupakan alat elektronik yang membutuhkan air dan listrik, maka Anda harus memastikan area laundry room memiliki akses yang mudah ke sumber air dan listrik. Jika memungkinkan, gunakan kabel tambahan dan tandon air untuk memberikan sumber tenaga pada laundry room.

Namun, hati-hati saat mengatur sumber listrik di laundry room. Pastikan kabel atau lubang stopkontak di area tersebut aman digunakan dan tidak mudah terkena air, sehingga meminimalisir risiko korsleting atau tersetrum.

Gunakan perlengkapan yang tahan air dan kelembapan

Laundry room merupakan area yang selalu terekspos dengan air dan kelembapan di rumah, sehingga Anda harus memikirkan aspek ketahanan atau durabilitas dari peralatan yang digunakan di area tersebut.

Misalnya, jika Anda menggunakan peralatan tambahan seperti rak dan meja setrika di laundry room, pastikan peralatan-peralatan tersebut tahan terhadap air sehingga tidak mudah rusak, lapuk, maupun berjamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News