HOME, Keluarga

Mencium 8 Jenis Bau Ini di Rumah? Hati-Hati, Bisa Jadi Tanda Bahaya!

 Mencium 8 Jenis Bau Ini di Rumah? Hati-Hati, Bisa Jadi Tanda Bahaya!

MOMSMONEY.ID - Orang-orang biasanya akan menyebut soal kebersihan, kerapian, dan dekorasi rumah ketika membahas faktor pendukung kenyamanan di rumah.

Di samping hal-hal tersebut, ada satu lagi aspek yang dapat menunjang kenyamanan tersebut, yaitu bau. Rumah yang baunya tidak sedap tentu akan mengganggu Anda, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Nah, ada beberapa jenis bau yang perlu diwaspadai jika tercium di rumah. Pasalnya, bau ini dapat menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres di rumah Anda. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Bau karet terbakar

Dikutip dari goodhomeair.com, bau karet terbakar pada dasarnya bisa muncul saat Anda menyalakan blender atau peralatan rumah lainnya yang memerlukan banyak tenaga. Namun, jika Anda tiba-tiba mencium bau ini saat tidak sedang melakukan apapun, ada kemungkinan alat elektronik atau sumber listrik di rumah Anda sedang bermasalah, misalnya terlalu panas atau terbakar.

Bau amis

Alat atau komponen elektronik yang terlalu panas atau terbakar tidak hanya dapat menimbulkan bau karet terbakar, tapi juga bau amis yang kurang sedap. Selain itu, bau amis di rumah juga bisa disebabkan oleh sisa penggorengan ikan atau sisa sampah daging yang menumpuk di wastafel atau tempat sampah.

Bau asap

Ada bau asap di rumah, tapi di sekitar Anda tidak ada yang sedang memasak, merokok, atau membakar sampah? Jika ya, maka kemungkinan besar ada komponen elektronik di rumah yang mengalami masalah seperti terlalu panas atau terbakar.

Bau amonia

Amonia umumnya memiliki bau pesing yang mirip dengan bau air seni. Biasanya, bau ini dapat muncul dari penggunaan produk kebersihan yang mengandung amonia atau hewan peliharaan yang buang air sembarangan di rumah. Di sisi lain, keberadaan bau amonia dapat menjadi pertanda adanya hama seperti tikus atau kebocoran gas di rumah.

Baca Juga: Ingin Menata Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Anak? Simak Tipsnya, Yuk!

Bau apek

Mengutip laman thumbtack.com, bau apek di rumah bisa disebabkan oleh keberadaan jamur atau lumut. Jamur atau lumut ini biasanya disebabkan oleh kelembapan udara yang tinggi dan bisa tumbuh di mana saja, seperti dinding dan furnitur. Jika dibiarkan, jamur dan lumut bisa mengakibatkan beragam gangguan kesehatan, misalnya asma dan alergi.

Bau kimia

Jika Anda baru selesai mengecat dinding rumah atau menggunakan furnitur yang masih baru, mungkin Anda akan mencium bau kimia yang cukup tajam. Melansir Southern Living, bau ini biasanya dihasilkan oleh volatile organic chemicals atau VOC. Untuk membantu meminimalisir bau ini, biarkan furnitur baru di luar ruangan semalaman, atau buka jendela, pintu, dan nyalakan kipas angin di rumah.

Baca Juga: Bebas dari Bakteri dan Kuman, Simak Tips Mencuci Baju Thrift yang Aman

Bau selokan

Bau selokan yang busuk kadang dapat muncul di rumah, khususnya di kamar mandi. Jika Anda mencium bau ini di rumah, ada kemungkinan sistem plumbing atau pipa saluran air di rumah sedang bermasalah. Cobalah untuk memanggil tukang ledeng supaya saluran air kembali lancar.

Bau gas

Bagi Anda yang menggunakan gas LPG untuk memasak di rumah, pasti sudah familiar dengan bau gasnya yang mirip dengan bau telur busuk. Jika Anda mencium bau gas yang menyengat, jangan menyalakan saklar lampu atau alat elektronik apapun supaya tidak memicu api atau ledakan.

Nah, itulah beberapa bau yang sebaiknya tidak diabaikan dan perlu diwaspadai di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News