HOME, Bugar

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan, Kenali 4 Manfaat Bakuchiol untuk Kulit

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan, Kenali 4 Manfaat Bakuchiol untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Bakuchiol adalah ekstrak alami dari tanaman babchi (Psoralea Corylifolia), yang banyak tumbuh di India dan Srilangka. Kandungan bakuchiol cukup sering dibahas karena kandungannya yang tidak kalah dengan kandungan anti anging lainnya.

Bakuchiol bisa Anda dapatkan pada produk serum dan essence. Sebelum mencobanya, cari tahu dulu manfaat bakuchiol untuk kulit bersumber dari harpersbazaar.co.id, yakni : 

1. Melawan Radikal Bebas

Pertama, manfaat bakuchiol untuk kulit yaitu melawan radikal bebas. Menurut dr. Jaliman, bakuchiol mempunya sifat antioksidan sehingga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah studi tahun 2000 di Planta Medica, menemukan bahwa bakuchiol secara spesifik dapat mencegah degradasi oksidatif lipid, yakni lemak alami pada kulit. 

Ketika lipid ini teroksidasi dapat menyebabkan perubahan pada muatan dan tekanan sel, yang akhirnya menyebabkan pembengkakan dan kematian sel. Dalam mencegah proses ini, bakuchiol bahkan lebih unggul dari bahan antioksidan paling umum, seperti vitamin E. Menarik sekali, ya!

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Memilih Produk Hand Cream yang Benar

2. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat bakuchiol untuk kulit selanjutnya adalah mencegah tanda-tanda penuaan. Menurut sebuh studi tahun 2014 di International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa bakuchiol memiliki sifat pengatur kolagen dan gene-modifying properties yang sama seperti retinol.

Wajar saja jika kandungan bakuchiol juga sering Anda temukan pada produk skincare anti-aging. Bakuchiol mampu memperbaiki dan mencegah garis-garis halus dan kerutan, kulit yang mengalami kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. 

3. Memudarkan Pigmentasi

Selain mencegah tanda-tanda penuaan, bakuchiol juga mampu memudarkan pigmentasi. Bakuchiol bekerja pada bintik hitam dengan menghambat produksi melanin, dan bahkan dinilai lebih efektif daripada arbutin, menurut sebuah studi 2010 di Biosains, Bioteknologi, dan Biokimia.

4. Mengatasi Jerawat 

Manfaat bakuchiol untuk kulit lainnya adalah mengatasi jerawat. Berdasarkan studi 2011, para peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang berperan.

Bakuchiol memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membunuh bakteri jerawat dan mengurangi pembengkakan. Kemudian, kandungan ini menghambat oksidasi sebum, yang dianggap sebagai pendorong perkembangan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News