ads

Mencegah Ruam Kulit, Inilah 3 Manfaat Cherimoya untuk Wajah

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 06 November 2021 | 18:10 WIB
Mencegah Ruam Kulit, Inilah 3 Manfaat Cherimoya untuk Wajah


MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar buah cherimoya? Mungkin sebagian orang cukup asing dengan buah ini. Cherimoya memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah srikaya. Cherimoya dikenal kaya akan antioksidan, mengandung vitamin C yang tinggi dan juga vitamin B6.

Cherimoya dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya mengatasi gatal-gatal. Kini, buah cherimoya sudah digunakan untuk bahan baku perawatan kulit wajah dan tubuh. Kira-kira apa yang membuat buah ini menarik?

Melansir dari base.co.id, inilah manfaat cherimoya untuk kulit wajah, yaitu:

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat cherimoya untuk kulit wajah pertama adalah melawan radikal bebas.Tubuh akan selalu melawan inflamasi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cherimoya bersifat adaptogen dan mengandung vitamin C yang tinggi untuk melawan radikal bebas. 

Dilansir dari jurnal Clinical, cosmetic and investigational dermatology, Cherimoya tidah hanya mengandung vitamin C saja tetapi juga mengandung lutein yang merupakan salah satu jenis dari carotenoids yang mampu melawan kerusakan sel akibat radiasi UV ataupun polusi udara lainnya. 

Baca Juga: Inilah Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah, Sudah Tahu?

2. Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Manfaat cherimoya untuk kulit wajah selanjutnya adalah mengurangi rasa gatal. Menurut penelitian Chemisches Laboratorium di Jerman, Cherimoya dapat mengurangi frekuensi terjadinya gatal-gatal, dikarenakan kandungan dari buah ini dapat mendukung kulit untuk beradaptasi dengan perubahan negatif dengan mengatur peradangan kulit. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya buah ini termasuk ke dalam kategori adaptogen. Kandungan dari cherimoya ini dapat menghambat proses terjadinya alergi dan iritasi saat digunakan pada kulit. Jika digunakan secara rutin gatal-gatal akibat iritasi dapat hilang dan tidak menggangu aktivitas lagi. 

3. Mencegah Ruam Kulit

Manfaat cherimoya untuk kulit lainnya adalah mencegah ruam kulit. Ternyata, munculnya ruam bisa diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan vitamin B6.

Dimana vitamin B6 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga Anda perlu beralih ke makanan untuk mendapatkan asupan Vitamin B6 yang cukup.

Namun, Cherimoya memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi dan jika dioleskan ke kulit cherimoya dapat mencegah ruam kulit dan membantu sinstesis kolagen.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Facial Foam untuk Kulit Berminyak dan Pori-Pori Besar, Sudah Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER