HOME, Bugar

Mencegah Ketombe, Inilah Manfaat Habbatussauda Untuk Perawatan Rambut

Mencegah Ketombe, Inilah Manfaat Habbatussauda Untuk Perawatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Habbatussauda sangat terkenal di wilayah Timur Tengah, India dan Pakistan. Habbatussauda atau jintan hitam mengandung minyak asiri dan lemak yang sering digunakan untuk rempah-rempah dan campuran obat-obatan.

Kini, habbatussauda semakin dimanfaatkan banyak orang untuk perawatan kecantikan khususnya rambut. Bagi Anda yang tertarik dengan perawatan rambut berbahan habbatussauda, berikut manfaat habbatussauda untuk rambut yang dilansir dari dove.com:

1. Mencegah ketombe

Seseorang sedang mengalami masalah ketombe

Manfaat habbatussauda untuk rambut yaitu mencegah ketombe. Bagi Anda yang mengalami masalah rambut ketombe, pasti sangat terganggu dengan gatalnya.

Habbatussauda dipercaya mampu menghilangkan ketombe. Oleskan minyak habbatussauda yang diencerkan dengan carrier oil (minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin) sebagai serum rambut sebelum tidur.

2. Mengurangi rambut rontok

Rambut rontok

Habbatussauda juga dapat mengurangi rambut rontok. Kandungan habbatussauda efektif mengatasi dan mencegah kerontokan rambut. Menurut penelitian, habbatussauda bisa membantu menumbuhkan rambut jika dikombinasikan dengan minyak kelapa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodorant Spray Wanita Terbaik, Sudah Coba?

3. Melindungi rambut dari polusi dan radikal bebas

Rambut kering

Rambut yang sering terpapar langsung dengan sinar matahari, radikal bebas, asap, dan polusi rentan dengan kerusakan serta rapuh. Namun, masalah tesebut dapat diselesaikan dengan kandungan habbatussauda di dalamnya.

Dengan menggunakan habbatussauda, Anda bisa menjaga rambut dari kerusakan yang lebih parah. Gunakan ekstrak habbatussauda yang kaya antioksidan serta antijamur. Sehingga, dapat menetralkan rambut Anda dari efek negatif radikal bebas.

4. Membersihkan rambut dan menyeimbangkan pH kulit kepala

Rambur lurus

Manfaat habbatussauda untuk perawatan rambut selanjutnya adalah membersihkan rambut dan menyeimbangkan pH kulit kepala. Setiap butir biji habbatussauda memiliki kandungan senyawa anti-bakteri sekaligus anti-mikroba aktif.

Kandungan senyawa ini mampu menghilangkan bakteri di kulit kepala dan rambut. Selain itu, jika diolah menjadi minyak dengan cold process, habbatussauda bisa membersihkan kulit kepala secara menyeluruh serta membunuh bakteri dan mikroba.

Manfaat lain habbatussauda adalah mengunci kelembapan setiap helai rambut karena kaya kandungan asam amino. Selain itu, habbatussauda juga bisa membantu menyehatkan folikel, sehingga menjaga kelembapan dan pH alami di kulit kepala.

5. Melembapkan rambut 

Rambut tebal

Manfaat habbatussauda untuk perawatan rambut lainnya adalah dapat melembapkan rambut anda. Bagi anda yang mengalami masalah rambut kering, patah-patah, dan mudah rusak akibat kekurangan nutrisi.

Habbatussauda mampu menutrisi dan melembapkan rambut sehingga mengatasi masalah rambut kering dan mudah patah. Terdapat hampir 100 jenis senyawa dalam jintan hitam yang bermanfaat menutrisi rambut kering dan rusak.

Ternyata banyak sekali manfaat habbatussauda untuk perawatan rambut. Jika anda mengalami masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering dan lain-lain, penggunaan shampo berbahan habbatussauda sangat dianjurkan untuk digunakan. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Paling Ampuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News