HOME, Keluarga

Menakjubkan! Inilah 5 Manfaat Kegiatan Seni bagi Anak-Anak yang Wajib Orang Tua Tahu

Menakjubkan! Inilah 5 Manfaat Kegiatan Seni bagi Anak-Anak yang Wajib Orang Tua Tahu

MOMSMONEY.ID - Seni bukan hanya perihal keindahan dan gairah, tetapi juga tentang proses belajar bagi anak-anak untuk mengembangkan diri mereka secara menyenangkan. Sesederhana apapun kegiatan seni yang anak lakukan, itu tetap dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan mereka ke depannya.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa proses menciptakan karya seni terbukti mampu membantu dan mendukung anak-anak di hampir semua bidang perkembangan mereka, lho Moms.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat menakjubkan dari kegiatan seni bagi anak-anak sebagaimana dilansir dari Child Crisis Arizona. Yuk, catat!

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Menghilangkan Kulit Kusam

1. Membangun keterampilan dan meningkatkan hasil akademik

Terlibat dalam aktivitas seni dapat secara drastis meningkatkan keterampilan motorik halus anak dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah kreatif mereka. Dengan melakukan kegiatan seperti memotong dan merekatkan kertas, melukis dengan jari, atau menggambar, itu akan membantu anak-anak mengembangkan koordinasi dan ketangkasan yang lebih baik.

Sementara itu, kegiatan lainnya seperti merangkai manik-manik dan memahat tanah liat dapat meningkatkan keterampilan visual-spasial anak.

Penelitian menunjukkan bahwa membangun keterampilan-keterampilan tersebut dapat mendorong hasil akademik yang lebih baik bagi anak-anak terutama dalam mata pelajaran menulis, membaca, matematika, dan sains.

Bahkan, anak-anak yang secara teratur terlibat dalam kegiatan artistik cenderung lebih mungkin untuk diakui prestasi akademiknya, menurut sebuah laporan dari Americans for the Arts.

2. Membantu anak mengekspresikan perasaan dengan lebih baik

Anak-anak yang aktif dalam kegiatan seni akan sangat terbantu dalam memproses pengalaman dan mengatasi emosi yang berlebihan. Hal ini selaras dengan fakta seni yang mampu memberikan anak-anak masukan sensorik kritis dan membantu mereka mengekspresikan perasaan dengan cara multidimensi bahkan ketika mereka kekurangan kosakata untuk menggambarkan perasaannya melalui kata-kata.

Sekali pun anak hanya mengamati kegiatan seni atau sekadar menikmati suasana bertema seni, itu tetap dapat memberikan mereka masukan sensorik yang cukup untuk memulai imajinasi dan mengembangkan rasa ingin tahu.

3. Mendorong inovasi

Seni dapat mendorong kreativitas dan pemikiran imajinatif anak yang mana dua keterampilan ini berkaitan erat dengan kesuksesan profesional jangka panjang. Melalui seni, anak-anak akan dipaksa untuk terlibat dalam pemikiran yang out of the box dan mengasah keterampilan problem solving yang kreatif.

Menurut International Child Art Foundation, seorang anak yang terpapar seni akan memperoleh kemampuan khusus untuk berpikir kreatif, menjadi orisinil, mengeksplorasi dan menemukan, berinovasi, serta menciptakan kekayaan intelektual. Adapun berbagai kemampuan khusus tersebut dapat menjadi kunci kesuksesan dan kemakmuran dalam kehidupan sehari-hari anak.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan self-esteem

Proses memutuskan karya seni apa yang akan dibuat dan memikirkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah karya seni dapat menjadi kesempatan yang bagus bagi anak-anak yang masih kecil untuk melatih otonomi sekaligus membuat keputusan untuk diri mereka sendiri.

Saat anak terbiasa untuk menentukan pilihan secara mandiri guna mengekspresikan apa yang sedang mereka pikirkan atau rasakan, itu akan membangun kepercayaan diri dan kemampuan anak serta mendorong mereka untuk belajar mengekspresikan perasaannya dengan lebih nyaman.

5. Menjalin ikatan dengan anak-anak lainnya

Seni dapat membantu memfasilitasi komunikasi dan ikatan antara anak-anak bahkan jika mereka tidak saling mengenal atau tidak memiliki banyak minat yang sama.

Ketika anak terlibat dalam kegiatan seni secara berkelompok, itu dapat mendorong perilaku kooperatif serta memberikan mereka kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan sosial yang penting seperti berbagi, bergiliran, dan bekerja sama.

Moms, seni bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi alat pengembangan diri yang cemerlang bagi anak. Jadi, doronglah anak-anak Anda untuk aktif dalam berbagai kegiatan seni, daftarkan ke kelas seni, atau ajaklah mereka untuk melakukan proyek kreatif secara bersama-sama di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News