HOME, AturUang

Meminjam Uang untuk Dana Pendidikan, Bolehkah? Simak Jawabannya

Meminjam Uang untuk Dana Pendidikan, Bolehkah? Simak Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Pinjaman buat  pendidikan bisa menjadi salah satu solusi untuk menutupi biaya pendidikan.

Kita bisa memanfaatkannya untuk pendidikan tinggi seperti di negara-negara maju, atau dapat juga sebagai modal untuk mengkover pendidikan keahlian seperti mengikuti kursus dan sebagainya. 

Meskipun kelihatannya menarik, Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, ada beberapa hal terkait dengan pinjaman ini yang perlu diperhatikan agar keuangan tidak terbebani setelah mengambil pinjaman. 

Pertama, adanya kepastian penghasilan dan kemampuan untuk membayar kembali cicilan. Jangan melakukan pinjaman dengan tidak adanya kepastian dan kestabilan penghasilan.

Baca Juga: GoTo Siap Melangkah di Bursa Saham, Catat Detilnya

"Kemampuan di sini berarti kemampuan untuk membayar cicilan di luar kemampuan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujar Budi. 

Lantas, perhatikan biaya-biaya total dari pinjaman. Baik tingkat bunga maupun biaya lain, seperti biaya administrasi, asuransi, dan lain sebagainya.

"Dan biasanya, biaya ini akan semakin membengkak dengan semakin panjangnya tenor pinjaman. Jadi sebaiknya tenor pinjaman tidak terlalu panjang," ujar Budi.

Makanya perlu atur prioritas dan urgensi pengambilan pinjaman. Jika ada ketidakpastian penghasilan, tidak dianjurkan mengambil pinjaman.

Lebih baik menunda sedikit waktu dengan mengumpulkan dana pendidikan yang diperlukan daripada terlalu memaksakan diri untuk mengambil pinjaman.               

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News