HOME, Keluarga

Memiliki Konsep yang Sama, Ini Letak Perbedaan Aquascape dan Paludarium

Memiliki Konsep yang Sama, Ini Letak Perbedaan Aquascape dan Paludarium

MOMSMONEY.ID - Bila Anda memiliki hobi memelihara ikan hias dan tanaman, Anda dapat memilikinya sekaligus dengan aquascape. Pemeliharaan ini juga menggabungkan seni untuk mendapatkan keindahan seperti habitat aslinya. Selain aquascape, ada juga paludarium. Meski memiliki kesamaan dalam hal pemeliharaan, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda, lo.

Sebelum ada aquascape dan paludarium, semua ikan yang dipelihara di dalam wadah kaca yang disebut akuarium. Akuarium ini mengalami perkembangan yang awalnya untuk kepentingan dekorasi menjadi lebih penting lagi, yakni menciptakan habitat baru dalam kondisi terkontrol yang sesuai dengan habitat aslinya. Antara aquascape dan paludarium memiliki tujuan yang sama.

Baca Juga: Dari yang Termurah Hingga Mahal, Ini Ikan Hias Akuarium yang Bisa Hidup Lama

Dilansir dari UNAIR, selain sebagai media bagi ikan hias, di dalam aquascape dan paludarium juga terdapat beberapa jenis tanaman air yang berperan sebagai pendukung ekosistem dan menambah estetika. Aquascape merupakan seni dalam menata komponen batu, karang, pasir, kayu, dan tanaman air dalam akuarium. Ini hampir sama dengan paludarium, tetapi perbedaannya terletak pada habitatnya.

Aquascape berfokus pada habitat air, sedangkah paludarium merupakan gabungan habitat air, darat, dan udara. Perbedaan ini terlihat pada paludarium yang hanya mengisi air setengah atau sebagai dari media kacanya saja.  Seperti dari arti namanya ‘Palus’ dari bahasa Latin yang artinya rawa-rawa, paludarium juga ditata seperti habitat di rawa pada umumnya.

Baca Juga: Pernah Bayangkan Tanaman dalam Wadah Kaca? Ini Namanya Terrarium

Aquascape biasanya akan ditinggali dengan hewan-hewan air seperti ikan, udang, siput air, dan lain-lain. Sementara paludarium dapat ditinggali oleh hewan-hewan yang hidup di air, darat, dan udara, seperti ikan, hewan amfibi, penyu, serangga, bahkan burung bisa tinggal dalam paludarium.

Tanaman yang digunakan aquascape hanyalah tanaman air seperti hygrophila difformis, eleocharis parvula, hemianthus callitrichoides, dan sebagainya. Sementara tanaman yang digunakan dalam paludarium dapat menggunakan tumbuhan apa saja, baik tanaman darat maupun tanaman air, seperti teratai, varen, hyfrocleys nymphoides, eceng gondok, dan sebagainya.

Paludarium didominasi oleh flora dengan bagian vegetatif permukaan, maka tidak ada kebutuhan khusus untuk pasokan tambahan CO2. Tanaman yang ditanam emersed akan memiliki banyak CO2 dari udara ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News