HOME, InvesYuk

Memilih Investasi yang Tepat Bagi Pensiunan

Memilih Investasi yang Tepat Bagi Pensiunan

MOMSMONEY.ID - Mendapat uang pensiun bukan berarti untuk dihabiskan di awal. Pensiunan juga harus pintar mengelola dana tersebut agar bisa membiaya kebutuhan sehari-hari di hari tua. Salah satunya dengan memilih investasi yang tepat 

Widya Yuliarti, perencana keuangan Komunitas Menyala, mengatakan uang pensiun dibagi menjadi dua. Ada yang diterima langsung dalam jumlah besar dan ada yang bulanan.

Baca Juga: Hindari Berbisnis dengan Uang Pensiun

Jika langsung besar, ia menganjurkan agar investasi 50% pada deposito dan 50% obligasi pemerintah. Harapannya risiko yang ditimbulkan rendah.

 "Selain itu, anggapannya uang pensiun besar bisa mendapatkan keuntungan per bulan. Nah, keuntungan ini yang dipakai, sementara uang pensiunnya tetap utuh," katanya.

Opsi lain, bisa juga diinvestasikan ke reksadana pasar uang. Porsinya pun harus dibagi dengan deposito dan obligasi.

Namun, Widya wanti-wanti pensiunan harus menjauhi instrumen investasi berisiko seperti saham. Kecuali jika ada pendapatan pasif lainnya, seperti dari bisnis kontrakan atau kos-kosan, maka pendapatan ini bisa masuk ke investasi seperti saham.

Tipe pensiun kedua adalah yang diberikan per bulan. Widya bilang, cukupkan dahulu kebutuhan, baru sisanya diinvestasikan ke instrumen investasi rendah risiko.

Selanjutnya: Simak harga emas hari ini di Pegadaian, Rabu 1 September 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News