Keluarga

Memikirkan Mantan Ternyata Memiliki Efek Positif lo, Ini Kata Penelitian

Memikirkan Mantan Ternyata Memiliki Efek Positif lo, Ini Kata Penelitian

MOMSMONEY.ID - Berikut efek positif memikirkan mantan menurut penelitian, simak yuk!

Terlepas dari baik atau buruknya cara Anda berpisah dengan mantan, adalah hal yang normal jika Anda masih saja memikirkan mantan sesekali walaupun Anda sudah berpasangan.

Jangan lantas menampik fakta tersebut atau merasa bersalah kepada pasangan apabila bayangan tentang mantan datang kembali ya. Pasalnya, memikirkan mantan sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang mengejutkan.

Melansir laman MindBodyGreen, penelitian dari University of Kansas yang baru-baru ini diterbitkan dalam European Journal of Psychology menemukan bahwa memikirkan mantan ternyata memiliki efek positif. Menarik untuk disimak, inilah penjelasannya.

Baca Juga: 4 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Mengontrol, Komunikasi adalah Kunci

Efek positif memikirkan mantan

Apakah memikirkan mantan memiliki efek positif? Itulah yang ingin diketahui oleh para peneliti dari University of Kansas. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, para peneliti itu mengumpulkan peserta dan meminta mereka merenungkan kenangan bersama mantan di tiga studi berbeda.

Berdasarkan hasil penelitian, sedikit nostalgia tentang mantan dapat meningkatkan hubungan percintaan di masa sekarang.

Dalam ketiga studi tadi, para peneliti menemukan bahwa memikirkan kenangan bersama mantan bisa meningkatkan persepsi kualitas hubungan saat ini, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Lebih lanjut, penulis studi mencatat, memikirkan hubungan masa lalu bahkan dapat meningkatkan motivasi untuk menjaga hubungan romantis saat ini tetap hidup dan sehat.

Temuan terakhir menemukan bahwa persepsi peserta tentang pertumbuhan diri mereka kemungkinan besar memengaruhi perasaan mereka ketika memikirkan mantan.

Tatkala peserta merefleksikan hubungan masa lalu mereka, secara bersamaan mereka merefleksikan seberapa banyak diri mereka telah tumbuh sejak hubungan bersama mantan berakhir. Refleksi inilah yang pada akhirnya mendorong peserta memandang hubungan mereka saat ini dengan cara yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Tidur Menurut Ahli Diet

Efek negatif memikirkan mantan

Di balik efek positif, pasti ada efek negatif yang mengintai. Meski memikirkan mantan saat menjalin hubungan bukanlah hal yang buruk, namun terlalu sering memikirkan mantan bisa menjadi bumerang.

Penting untuk mengindentifikasi apakah kecenderungan Anda dalam memikirkan mantan merupakan nostalgia belaka atau justru ketergantungan akibat belum benar-benar move on.

Ingat, aktivitas memikirkan mantan yang memiliki efek positif yaitu ketika Anda melakukannya sesekali sebagai ajang nostalgia semata, dan bukan secara terus-menerus apalagi sampai menguntit media sosial mantan dengan begitu intens.

Alih-alih bermanfaat, terlalu sering memikirkan mantan hanya akan mengganggu hubungan Anda bersama pasangan saat ini. Jadi, pastikan Anda mampu membedakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News