HOME, Keluarga

Membandingkan Kloset Jongkok dan Kloset Duduk, Mana yang Lebih Baik?

Membandingkan Kloset Jongkok dan Kloset Duduk, Mana yang Lebih Baik?

MOMSMONEY.ID - Kloset atau WC merupakan komponen kamar mandi yang wajib ada supaya kebersihan dan kesehatan penghuni rumah selalu terjaga.

Saat akan membangun rumah, umumnya Anda akan dihadapkan pada dua jenis kloset, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Sesuai namanya, kedua kloset ini memiliki desain yang berbeda sehingga mempengaruhi cara memakainya, yaitu sambil duduk atau jongkok.

Nah, untuk membantu Anda memilih jenis kloset yang tepat, tentu Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kloset. Yuk, simak perbandingannya berikut ini!

Baca Juga: Tak Selalu Nyaman, Intip Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Rumah Besar

Tampilan

Dikutip dari Spacestock, salah satu keunggulan dari kloset duduk dibandingkan dengan kloset jongkok adalah tampilannya yang terlihat lebih estetik dan modern.

Tak heran, sebab kloset duduk biasanya memiliki beragam desain yang bisa dipilih sesuai selera. Kloset duduk pun biasanya jadi pilihan untuk rumah yang mengusung gaya modern. Sementara itu, kloset jongkok cenderung memiliki desain yang terlihat monoton dan biasa saja.

Harga

Jika dibandingkan, kloset duduk umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada kloset duduk. Selain desainnya yang lebih modern, kloset duduk biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti penyiram otomatis. Semakin canggih fiturnya, harganya tentu akan semakin mahal.

Di sisi lain, kloset jongkok yang lebih simpel memiliki harga yang relatif lebih terjangkau, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki budget atau anggaran terbatas.

Baca Juga: Cuka Bisa Digunakan untuk Membersihkan Benda Ini, Coba Yuk!

Kenyamanan

Karena bisa digunakan sambil duduk, kloset duduk menawarkan kenyamanan penggunaan dalam beberapa kondisi tertentu. Misalnya, kloset duduk akan lebih nyaman dan lebih mudah digunakan oleh lansia atau orang-orang yang mengalami masalah pada kaki.

Sementara itu, kloset jongkok tentu akan lebih nyaman digunakan bila Anda lebih suka berjongkok saat menggunakan kloset. Namun, kloset jongkok umumnya kurang nyaman digunakan oleh lansia atau orang dengan gangguan pada kaki, misalnya cedera lutut atau keseleo sehingga tidak kuat berjongkok.

Baca Juga: Urutan Membersihkan Rumah yang Tepat, Sudah Tahu Belum?

Kesehatan

Dari segi kesehatan, kloset duduk ternyata kurang baik karena dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, lo. Dilansir dari Cleanipedia, kebiasaan buang air besar dan buang air kecil sambil duduk bisa menyebabkan beragam gangguan seperti konstipasi, infeksi saluran kencing, wasir, hingga gangguan usus dan otot.

Jadi, kloset jongkok merupakan pilihan kloset yang relatif lebih baik bagi kesehatan. Selain membantu menghindarkan Anda dari masalah-masalah kesehatan di atas, penggunaan kloset jongkok juga akan membantu melancarkan proses BAB dan melatih otot pada tubuh bagian bawah.

Kebersihan

Ternyata, kloset duduk tidak begitu bagus dari sisi higienitas atau kebersihannya, lo. Sebab, kulit Anda biasanya akan langsung berkontak pada permukaan kloset sehingga bakteri dan kuman bisa berpindah pada tubuh Anda. Akibatnya, Anda bisa mengalami berbagai masalah kesehatan seperti hepatitis A, diare, hingga masalah kulit.

Masalah kebersihan ini menjadi keunggulan dari kloset jongkok. Karena tidak berkontak langsung dengan kulit, kloset jongkok dianggap lebih higienis dan bersih sehingga lebih baik untuk kesehatan Anda.

Nah, itulah beberapa perbandingan antara kloset duduk dan kloset jongkok yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News