Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Perawatan Wajah yang Penting untuk Diterapkan

Reporter: Ana Risma
Kamis, 22 September 2022 | 20:00 WIB
Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Perawatan Wajah yang Penting untuk Diterapkan


MOMSMONEY.ID - Musim hujan bisa membawa masalah bagi kulit lho Moms. Pasalnya, tingkat kelembaban yang tinggi saat musim hujan bisa menyulitkan kulit untuk mempertahankan kilaunya sekaligus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

Untuk menjaga performa kulit Anda tetap stabil di musim hujan, maka perawatan yang tepat perlu diupayakan.

Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 5 tips perawatan wajah saat musim hujan yang tidak boleh Anda lewatkan sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Rangkaian Skincare yang Memanfaatkan Sari Buah Peach, Harga Sangat Terjangkau

1. Gunakan produk cuci muka bebas sabun

Sukin Sensitive Cleansing Gel

Pembersih bebas sabun cenderung lembut dan tidak menghilangkan minyak alami kulit. Produk semacam ini tentu sangat direkomendasikan untuk digunakan pada saat musim hujan.

Apapun jenis kulit Anda, beralihlah ke produk cuci muka yang bebas sabun selama musim hujan guna menghilangkan kotoran dan minyak tanpa membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, selalu ingat untuk tidak mencuci wajah Anda secara berlebihan. Setidaknya, cucilah wajah Anda sebanyak 2-3 kali saja dalam sehari walaupun kulit Anda terasa sangat berminyak. Karena, cuci muka berlebihan akan meningkatkan produksi sebum serta menyebabkan berbagai masalah seperti pori-pori tersumbat dan berjerawat.

2. Pakai pelembab

Ponds Juice Collection Moisturizer Watermelon Extract + Vit E

Setiap jenis kulit membutuhkan pelembab di segala musim termasuk musim hujan. Dengan kata lain, pelembab adalah suatu keharusan untuk semua kulit di sepanjang tahun.

Saat kulit dioleskan pelembab, itu akan membuat kulit tetap lembab dan terhidrasi sekaligus tidak mendorongnya untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Lama kelamaan, kulit yang rutin dipakaikan pelembab akan tetap awet muda dan mengalami lebih sedikit masalah. Oleh sebab itu, penting bagi siapa pun untuk menambahkan pelembab ke dalam rutinitas skincare sehari-sehari.

Pastikan untuk memilih pelembab dengan formula yang ringan, tidak berminyak, serta mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera dan hyaluronic acid agar kulit tetap sehat dan bahagia.

3. Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat musim hujan adalah melewatkan penggunaan sunscreen.

Mungkin Anda berpikir bahwa matahari di musim hujan tidaklah berbahaya karena sering tertutupi awan gelap. Padahal, matahari di musim hujan tetap memancarkan sinar UV yang kuat dan dapat dengan mudah menembus sekaligus membahayakan kulit Anda.

Jadi, tetaplah menggunakan sunscreen kapan pun dan di mana pun sekali pun cuaca sedang mendung. Apabila kulit Anda berminyak, Anda bisa memilih sunscreen yang tidak berminyak supaya tetap nyaman ketika digunakan. Jangan lupa juga untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan re-apply setiap 2 jam sekali.

4. Maskeran dengan clay mask

NPure Cica Cocomint Clay Mask

Baik itu musim panas maupun musim hujan, kulit akan tetap merasa kesulitan untuk menahan kelebihan minyak. Selain melakukan rutinitas skincare dasar, penting juga bagi Anda untuk menggunakan masker wajah setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Dari berbagai jenis masker wajah yang ada, Anda bisa memilih masker tanah liat atau clay mask untuk digunakan selama musim hujan berlangsung. Clay mask berfungsi untuk menyerap semua minyak berlebih pada wajah sekaligus membersihkan pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaat tambahan seperti menghilangkan bakteri dan kotoran penyebab jerawat, Anda bisa memilih produk clay mask yang juga mengandung aloe vera, green tea, atau bahan antibakteri lainnya.

5. Aplikasikan skincare vitamin C

 Elsheskin Vitamin C Serum

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Saat Anda mengonsumsi vitamin C, itu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi.

Untuk menambah asupan vitamin C di musim hujan ini, rajinlah makan makanan kaya vitamin C seperti buah-buahan dan minum jus jeruk atau lemon.

Anda juga disarankan untuk menambahkan serum vitamin C ke dalam rutinitas skincare Anda guna menjaga kilau sehat kulit Anda. Selain membuat kulit bersinar, serum vitamin C juga bagus untuk melawan bakteri, menunda tanda-tanda penuaan, dan mengurangi tampilan noda serta bekas jerawat yang membandel.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER