HOME, Keluarga

Memasuki Musim Hujan, Begini Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah

Memasuki Musim Hujan, Begini Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah

MOMSMONEY.ID - Akhir-akhir ini, cuaca mulai sering hujan. Namun, merawat tanaman sudah menjadi kewajiban bagi pemiliknya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara merawat tanaman di musim hujan. Sebab, bila keliru, tanaman hias Anda bisa-bisa jadi layu, loh!

Air hujan sebenarnya baik untuk pertumbuhan tanaman, tetapi bila keseringan, justru akan merusak tanaman. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman hias di musim hujan? Simak yuk, caranya.

Baca Juga: Tanaman Hias di Rumah Tidak Berbunga? Mungkin 5 Ini Penyebabnya

Jangan Biarkan Air Menggenangi Tanaman

Air hujan sebenarnya baik untuk tanaman karena mengandung oksigen yang lebih tinggi dibandingkan air ledeng. Akan tetapi, air hujan yang berlebihan dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada tanah dan akar.

Jadi, sebaiknya Anda mencegah genangan air terlalu lama pada tanaman. Segera setelah hujan usai, Anda cepat-cepat membersihkan air yang menggenangi tanaman. Saat membersihkan air yang menggenang, tetap hati-hati agar Anda tidak merusak bagian tanaman.

Lepaskan Alas Pot dan Cek Drainase

Salah satu cara untuk mencegah genangan air adalah melepaskan alas pot dan biarkan air berlebihan ini mengalir melalui lubang drainase. Anda juga perlu mengecek lubang drainase untuk memastikan lubang tidak tertutup dengan kepadatan tanah.

Dilansir dari Gardenbagan.com, buang tanah dan potong semua akar berlebih yang keluar dari lubang. Anda dapat menggunakan pisau dapur yang telah disterilkan untuk tujuan ini. Setelah itu, dorong dengan alat lancip apapun seperti obeng untuk membuat lubang terbuka kembali.

Frekuensi Penyiraman

Hujan secara alami akan menyirami tanaman saat musim hujan. Artinya, Anda perlu mengurangi penyiraman air agar tidak berlebihan.

Lakukan penyiraman hanya saat tanah benar-benar kering atau hari di mana hujan sedang tidak turun sama sekali. Jika Anda tetap menyirami saat hujan turun, ini akan menyebabkan tanaman layu karena kelebihan air.

Baca Juga: Syarat yang Harus Dipenuhi dalam Menyediakan Air Akuarium

Kurangi Pemberian Pupuk

Dalam merawat tanaman pada musim hujan, Anda perlu mengurangi pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada musim hujan hanya akan merusak tanaman karena tanaman berhenti mengonsumsi pupuk ketika tanahnya sangat basah.

Apalagi, saat musim hujan, pemberian pupuk akan sia-sia karena mereka bisa larut dengan air yang mengalir dan akan mengubah pH tanah dengan cepat untuk merusak tanaman.

Pangkas Beberapa Daun

Pemangkasan perlu dilakukan secara teratur untuk tanaman apapun. Sebab, saat musim hujan, tanaman akan tumbuh dengan cepat. Beberapa di antaranya mungkin akan mati karena penyakit.

Hal itu, tentu, harus segera disingkirkan agar tidak menulari bagian daun atau tanaman yang lain. Selain itu, memotong beberapa bagian daun yang tidak teratur juga disarankan. Ini dapat mengurangi kelembapan tanaman dan menjadikannya tumbuh subur.

Waspadai Hama dan Penyakit

Saat musim hujan, Anda harus berhati-hati dengan serangan hama. Hama pengganggu seperti ulat, belalang, dan serangga lainnya bisa memperburuk kondisi tanaman saat cuaca buruk.

Karena itu, periksalah secara berkala kondisi tanaman dari segala gangguan hama. Anda juga perlu mewaspadai timbulnya jamur yang menyerang akar atau batang tanaman. 

Selanjutnya: Anda Tinggal di Wilayah Tanah Masam? Cocok Buat 5 Tanaman Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News