HOME, Keluarga

Memasak Makin Nyaman, Ini Tips Membersihkan Dapur Saat Ramadan

Memasak Makin Nyaman, Ini Tips Membersihkan Dapur Saat Ramadan

MOMSMONEY.ID - Saat Ramadan, dapur menjadi salah satu area yang cukup sibuk di rumah karena digunakan untuk menyiapkan santapan sahur dan berbuka.

Jadi, tak heran bila dapur kerap terlihat lebih kotor dan berantakan saat Ramadan.

Supaya kegiatan memasak untuk sahur dan berbuka terasa lebih nyaman, kebersihan dan kerapian dapur perlu dijaga dengan baik. Tak perlu khawatir cepat lelah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dapur saat Ramadan.

Yuk, simak tipsnya berikut ini. Dijamin, dapur di rumah Anda akan senantiasa bersih dan kinclong selama berpuasa di bulan Ramadan.

Baca Juga: Coba Yuk! Ini Cara Mudah Melakukan Decluttering di Dapur

Bersihkan di pagi hari

Membersihkan dapur di siang hari mungkin terdengar melelahkan jika Anda sedang berpuasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, coba untuk membersihkan dapur di pagi hari, khususnya setelah sahur.

Melansir laman Fashion Central, membersihkan rumah (terutama dapur) di pagi hari dapat menggantikan waktu yang biasanya digunakan untuk menyiapkan sarapan dan makan siang di pagi hari. Selain itu, di pagi hari, Anda masih memiliki energi yang cukup untuk membersihkan dapur.

Bersihkan sambil memasak

Salah satu penyebab kegiatan bersih-bersih dapur terasa melelahkan adalah banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, apalagi di bulan Ramadan.

Jadi, supaya aktivitas membersihkan dapur terasa lebih ringan, Good Housekeeping menyarankan Anda untuk membersihkan dapur sambil memasak. Contohnya, saat menunggu makanan matang, bersihkan permukaan meja dapur atau alat masak lainnya.

Baca Juga: Catat, Ini Area Rumah yang Wajib Dibersihkan Selama Ramadan

Kembalikan semua barang ke tempatnya

Selain kotor, dapur juga rentan terlihat berantakan akibat peralatan masak yang berceceran di sana-sini. Jika dibiarkan, dapur akan terlihat penuh dan mengganggu kenyamanan Anda saat memasak.

Untuk menjaga kerapian dapur, pastikan Anda selalu mengembalikan semua barang-barang yang ada di dapur ke tempatnya semula. Sediakan wadah atau tempat khusus untuk meletakkan barang-barang kecil, seperti tempat saus dan bumbu.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi Limbah Rumah Tangga, Lingkungan Makin Lestari!

Segera rendam alat masak yang kotor

Mencuci piring yang kotor setelah makan sahur dan berbuka memang terasa melelahkan, sehingga adakalanya Anda meninggalkan tumpukan piring kotor di wastafel dapur begitu saja.

Noda-noda dari sisa makanan yang menempel di piring atau alat masak yang kotor bisa mengeras dan sulit dibersihkan apabila dibiarkan dalam waktu lama. Oleh karena itu, Anda dapat merendam alat masak yang kotor terlebih dahulu, baru mencucinya kemudian supaya kotoran yang menempel mudah terlepas.

Bersihkan isi kulkas

Ramadan biasanya identik dengan stok bahan makanan yang melimpah di dapur, khususnya di kulkas. Walaupun terdengar praktis karena Anda tak harus sering-sering berbelanja bahan makanan, menyimpan bahan makanan yang terlalu banyak juga tidak bijak.

Jadi, pastikan Anda rutin memeriksa dan membersihkan isi kulkas selama Ramadan. Dilansir dari Homes to Love, bongkar isi kulkas Anda dan buang bahan makanan yang sudah kadaluarsa atau tidak terpakai. Lalu, bersihkan bagian dalam kulkas dan biarkan kering sempurna.

Itulah tips mudah yang bisa dipraktikkan untuk membersihkan dapur selama Ramadan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News