HOME, Keluarga

Memasak Makin Asyik, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Dapur Anda

Memasak Makin Asyik, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Dapur Anda

MOMSMONEY.ID - Dapur termasuk area yang cukup penting di dalam rumah. Sebab, keberadaan dapur sangat mendukung kebutuhan nutrisi seluruh keluarga lewat masakan-masakan yang dihasilkan di dalamnya.

Untuk mendukung kegiatan memasak tersebut, dapur perlu dilengkapi dengan furnitur yang sesuai. Dengan pemilihan furnitur dapur yang baik, penghuni rumah pun akan bisa beraktivitas di dapur dengan lebih efisien dan nyaman.

Jadi, bagaimana caranya memilih furnitur dapur supaya sesuai dan tepat dengan kebutuhan? Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Pikirkan luas dan tata letak dapur

Mengutip Homify Malaysia, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan tata letak atau layout dapur. Misalnya, pikirkan apakah Anda menginginkan tata letak dapur dengan counter sepanjang dinding atau ditambah kitchen island di tengah-tengah dapur. Pastikan

Dengan memikirkan tata letak dapur yang diinginkan, Anda akan mengetahui furnitur seperti apa yang tepat untuk dapur Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan luas dapur supaya furnitur yang digunakan tidak membuat dapur terasa penuh.

Buat pengukuran yang tepat

Pemilihan furnitur dapur tidak akan terlepas dari ukuran furnitur tersebut. Sebab, dengan ukuran furnitur yang tepat, kinerja di dapur akan lebih efisien.

Melansir laman Housing.com, salah satu aspek yang harus diukur dengan cermat adalah tinggi meja dapur dan kabinet di atasnya. Pastikan jarak di antara keduanya tidak terlalu sempit atau renggang.

Sebagai patokan, sebaiknya tinggi meja dapur berada di sekitar pinggang supaya Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman di dapur tanpa harus mengalami sakit punggung atau tangan karena posisi tubuh yang kurang tepat.

Baca Juga: Memasak Kurang Efisien, Ini Kesalahan Desain Dapur yang Harus Dihindari

Sesuaikan dengan gaya interior rumah

Selanjutnya, pikirkan mengenai gaya atau tampilan dapur Anda. Supaya dapur terlihat serasi dengan seisi rumah, sebaiknya gunakan furnitur dapur dengan gaya yang sama dengan ruangan lainnya di rumah.

Tak hanya gaya dapur, pemilihan warna furnitur pun juga berpengaruh terhadap tampilan akhir dapur. Anda bisa menggunakan warna putih untuk kesan dapur yang klasik dan sederhana, warna pastel untuk kesan lembut, atau warna gelap untuk kesan yang lebih keren.

Baca Juga: 5 Produk Pembersih Rumah yang Tidak Boleh Dicampur, Bahaya untuk Kesehatan!

Pikirkan material furnitur

Terakhir, pertimbangkan material furnitur dapur yang akan digunakan. Hal ini dapat berpengaruh pada banyak hal, seperti budget dan tampilan akhir dapur Anda.

Sebaiknya, gunakan bahan atau material yang bersifat tahan lama, mudah dirawat, dan banyak tersedia di pasaran. Berikut beberapa contoh material furnitur dapur yang bisa digunakan:

  • Kayu untuk kesan klasik dan hangat.
  • Besi untuk kesan modern dan stylish.
  • Kaca untuk kesan berkelas.
  • PVC untuk furnitur dapur yang tahan air dan hama.
  • Plastik untuk furnitur yang terasa ringan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan memilih furnitur untuk dapur di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News