HOME, Keluarga

Memahami Tanda-Tanda Kucing Akan Melahirkan, Apa Saja?

Memahami Tanda-Tanda Kucing Akan Melahirkan, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Jika Anda tengah memelihara kucing yang sedang hamil atau bunting, pasti merasa senang sekaligus tegang saat menanti kelahiran anak-anak kucing di kandungan induknya.

Pada dasarnya, Anda tidak perlu khawatir karena si induk bisa mengurus dirinya sendiri saat melahirkan. Namun, tak ada salahnya bila Anda tetap berjaga-jaga dengan mempersiapkan beberapa hal.

Nah, salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah memperhatikan tanda-tanda induk kucing akan melahirkan. Dengan memahami tanda-tandanya, Anda bisa membantu si kucing melahirkan dengan lebih nyaman.

Dirangkum dari Purina UK dan pdsa.org.uk, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tertarik Kucing Siam? Ketahui 7 Jenis Rasnya

Nesting behavior

Salah satu hal yang kerap dilakukan kucing saat akan melahirkan adalah nesting behavior, yaitu mencari tempat yang nyaman untuk melakukan proses kelahiran.

Biasanya, si induk kucing akan mondar-mandir dan terlihat gelisah. Tergantung sifat si kucing, ada yang akan lebih menempel pada majikannya, ada pula yang akan mencari tempat bersembunyi di area tertentu di rumah.

Bagian puting membesar

Beberapa hari sebelum melahirkan, kelenjar susu pada kucing akan membesar sehingga membuat putingnya lebih menonjol.

Umumnya, kucing memiliki 4 pasang puting yang berjajar di bagian perutnya. Kira-kira dua hari sebelum melahirkan, puting tersebut akan mulai memproduksi susu.

Suhu tubuh menurun

Suhu tubuh kucing yang normal berkisar antara 37.7°C hingga 39.1°C. Sekitar satu atau dua hari sebelum melahirkan, suhu tubuhnya akan turun ke angka sekitar 37.2°C.

Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba mengukur suhu tubuh kucing di bagian ketiaknya. Namun, tanda-tanda melahirkan yang lainnya biasanya akan jauh lebih kentara sehingga masalah suhu tubuh kucing tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Hewan Kucing Butuh Tempat Persembunyian

Nafsu makan menurun

Ketika sedang hamil atau bunting, induk kucing umumnya akan mengalami peningkatan nafsu makan. Jadi, jika nafsu makan si induk tiba-tiba menurun, ada kemungkinan ia akan melahirkan dalam kurun waktu beberapa hari ke depan.

Nafsu makan yang menurun ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti rasa cemas atau bayi kucing yang mendorong bagian perut si induk.

Menjilati alat kelamin

Terakhir, si induk kucing akan cenderung menjilati bagian alat kelaminnya terus-menerus menjelang melahirkan.

Tak jarang, aktivitas ini akan diselingi oleh si induk yang mondar-mandir atau mengeong meminta perhatian, sehingga Anda perlu waspada akan kelahiran bayi kucing dalam beberapa saat ke depan.

Itulah beberapa tanda yang kerap muncul saat kucing akan melahirkan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News