HOME, Keluarga

Melancarkan Produktivitas, Ini Tips Feng Shui untuk Menata Meja Kerja

Melancarkan Produktivitas, Ini Tips Feng Shui untuk Menata Meja Kerja

MOMSMONEY.ID - Bagi kaum pekerja, keberadaan meja kerja di rumah atau kantor menjadi sesuatu yang sudah tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, performa pekerjaan Anda kerap ditentukan dari hal-hal yang dilakukan di meja kerja. Oleh karena itu, meja kerja perlu ditata dengan baik.

Dalam menata meja kerja, Anda bisa mengikuti panduan feng shui. Jadi, tak hanya mendapatkan tampilan meja kerja yang apik, tapi produktivitas dan fokus Anda juga akan makin meningkat.

Baca Juga: Rekomendasi Warna untuk Ruang Keluarga ala Feng Shui, Apa Saja?

Bagaimana caranya menata meja kerja berdasarkan feng shui? Berikut penjelasannya.

Perhatikan posisi meja kerja

Sebelum mulai menata meja kerja, Anda perlu memperhatikan posisi meja kerja yang digunakan.

Dikutip dari The Spruce, posisi meja kerja yang disarankan adalah di area diagonal dari pintu ruangan yang digunakan untuk bekerja. Posisi ini akan membantu menghadirkan energi baik yang membantu produktivitas.

Selain itu, hindari menempatkan meja persis di depan jendela karena akan mengalihkan fokus Anda. Pastikan ada ruang yang cukup untuk bergerak di sekitar meja kerja.

Letakkan tanaman di atas meja

Selanjutnya, Anda dapat menghias permukaan meja dengan tanaman hias kecil di dalam pot, terutama jika meja Anda terletak di sudut ruangan.

Mengutip Home and Decor Singapore, penggunaan tanaman hias ini dapat membantu membawa energi positif dan meningkatkan kesehatan serta stamina, sehingga performa pekerjaan akan makin baik.

Hindari menggunakan tanaman dengan duri tajam, banyak bunga, atau tanaman palsu. Ketiganya bisa menghadirkan energi negatif yang merusak suasana hati.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Dihindari

Hindari benda bersudut tajam

Saat menata meja kerja, pastikan meja Anda tidak menghadap ke sudut-sudut yang tajam. Begitu pula dengan benda-benda di atas meja, pastikan tidak ada benda bersudut tajam.

Mengapa? Sebab, benda-benda dengan sudut tajam dipercaya dapat mengundang energi negatif yang menyebabkan beragam gangguan kesehatan, misalnya migrain, sakit kepala, hingga perasaan sedih yang terus-menerus.

Jika tidak memungkinkan untuk memindahkan meja atau barang yang dimaksud, pastikan ada sekat yang memisahkan meja Anda dengan sudut tajam tersebut. Selain itu, arahkan barang tersebut supaya ujung tajamnya tidak mengarah ke hadapan Anda.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Rapikan meja setelah selesai digunakan

Merapikan meja memang terdengar sederhana, tapi efeknya dalam feng shui cukup besar, lo.

Jika Anda merapikan meja kerja setelah selesai digunakan, energi yang baru akan hadir setiap hari dan membantu Anda dalam menghadapi hari baru dengan lebih segar.

Selain itu, Healthline menyarankan Anda untuk menyingkirkan benda-benda apapun yang membuat meja terlihat berantakan. Meja kerja yang terlihat rapi dan bersih akan membantu menjernihkan pikiran serta memperbaiki fokus saat bekerja.

Itulah beberapa tips feng shui yang bisa Anda terapkan saat menata meja kerja. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News