HOME, Santai

Melalui Daun dan Akarnya, Anda Dapat Mengecek Kondisi Kesehatan Tanaman

Melalui Daun dan Akarnya, Anda Dapat Mengecek Kondisi Kesehatan Tanaman

MOMSMONEY.ID - Anda tentu selalu berharap bahwa tanaman yang Anda tanam berkembang dengan baik, subur, dan sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang jarang mengecek kondisi tanaman dan hanya fokus merawatnya saja. Tahu-tahu, tanaman sudah parah ketika terserang penyakit.

Oleh karena itu, pencegahan sangat diperlukan untuk mengurangi kerugian kerusakan tanaman. Salah satu bentuk pencegahan adalah mengecek kondisi tanaman secara dekat dan menyeluruh dalam jangka waktu tertentu. Sesehat apapun tanaman, Anda juga perlu memeriksa akarnya. Sebab, tanaman yang subur pun dapat mengembangkan masalah. Untuk memudahkan Anda, Anda dapat mengecek kondisi tanaman dari daun dan akarnya.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Pupuk Organik Padat Berkualitas Baik untuk Tanaman

Cek Tanaman dari Daun

Mengecek kondisi tanaman dapat dimulai dari bagian tanaman yang paling jelas, yakni daun. Tanaman yang sehat akan memiliki banyak pertumbuhan daun baru yang sehat. Dilansir dari Gardening Know How, kecuali tanaman dengan daun dua warna atau beraneka ragam, sebagian besar tanaman harus menampilkan daun hijau dengan warna cerah dan merata. Selain itu, dari daun tanaman, Anda dapat mengecek apakah tanaman terserang hama atau tidak.

Perhatikan baik-baik secara menyeluruh daun tanaman. Periksa bagian bawah daun dan persendian tempat batang menempel pada daun, karena inilah tempat-tempat yang disukai oleh hama seperti kudu daun, tungau laba-laba, kutu putih, dan sebagainya. Daun berlubang juga dapat menjadi tanda bahwa tanaman terserang hama.

Tak hanya memberitahu Anda tentang serangan hama, daun juga akan menunjukkan perubahan tak wajar saat tanaman mengalami defisiensi nutrisi. Saat kekurangan nutrisi, daun akan memberikan respon seperti menguning (klorosis), kecokelatan (nekrosis), terlihat seperti terbakar (menjadi putih karena kehilangan klorofil), bentuk daun keriting, dan bertubuh kerdil.

Jika tanaman tua yang memberikan gejala, maka bisa jadi tanaman kekurangan unsur-unsur hara yang bersifat mobile seperti N, P, K, Mg, Zn, dan Mo. Sementara gejala pada daun muda, penyebabnya adalah kekurangan unsur hara yang tidak mobile, yaitu Ca, B, Cu, Mn, S, dan Fe.

Baca Juga: Selain Terlihat Cantik, Ini 4 Manfaat Memiliki Taman di Rumah

Cek Tanaman dari Akar

Mengecek kondisi tanaman dari akar cukup sulit dilakukan karena berada di dalam pot atau lahan tanah, tetapi Anda dapat mengeceknya. Pengecekan dapat dilakukan pada musim tanam sayuran berakhir. Dilansir dari The Ohio State University, caranya adalah dengan memilih tanaman yang tampak kurang kuat dari yang lain, lalu keluarkan tanaman dari dalam tanah dengan sekop secara hati-hati untuk menjaga integritas akar. Goyangkan tanah yang tersisa pada akar dan bilas akar dengan air secara hati-hati. Setelah bersih, Anda dapat mulai memeriksa akar.

Akar yang sehat adalah akar yang panjang, kuat, dan bersih. Namun, ada beberapa tanda masalah tanaman yang dapat dilihat dari akar. Akar yang berwarna gelap, bisa jadi tanda-tanda kebusukan karena Anda menyiram dan memupuk tanaman berlebihan, serta adanya nematoda yang memakan akar.

Akar yang tumbuh di permukaan tanah juga merupakan tanda masalah, yakni tanah terlalu basah, terlalu padat, dan Anda perlu memindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar. Akar yang kerdil dan terdapat benjolan artinya akar terserang penyakit puru akar karena nematoda. Anda dapat mengatasi masalah akar dengan membuang bagian yang rusak, lalu memberikan pencegahan dengan fungisida akar atau nematisida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News