AturUang

Mau Transaksi Pakai QRIS di Thailand? Beriku Tata Caranya

Mau Transaksi Pakai QRIS di Thailand? Beriku Tata Caranya

MOMSMONEY.ID – Moms suka jalan-jalan ke luar negeri? Nggak cuma kartu kredit, transaksi pembayaran di luar negeri bisa menggunakan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard alias QRIS, salah satunya QRIS bisa digunakan di negara Thailand.

Inisiatif ini datang dari kerjasama Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) untuk mengimplementasikan pembayaran berbasis QR Code lintas negara antara Indonesia dan Thailand.

Baca Juga: Ini Tips Dari Kaka dan Bimbim Slank Dalam Memanfaatkan E-Wallet

Agar nggak kudet alias kurang update, moms harus simak tata cara bertransaksi di Thailand menggunakan aplikasi pembayaran QRIS. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1.Buka aplikasi pembayaran.

2.Scan QR Thailand.

3.Masukkan nominal dalam Thai Baht.

4.Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah.

5.Masukkan PIN.

6.Dan transaksi berhasil deh.

Jadi transaksi di luar negeri nggak repot lagi, karena QRIS sangat cepat, mudah, urah, aman dan handal. Ngomong-ngomong, aplikasi Thailand yang bisa scan QRIS Merchant Indonesia di mana saja ya?

Diantaranya, pelancong bisa menggunakan QRIS di Bangkok Bank, CIMB Thai, dan Krungsri. Nanti mulai September 2022 akan bertambah 5 bank yang bisa terima aplikasi QRIS.

Baca Juga: Promo Janji Jiwa di HUT 66 Danamon, Cashback Hingga Rp 20.000 Pakai QRIS D-Bank PRO

Sebaliknya, aplikasi pembayaran Indonesia yang bisa scan QR Thailand bisa di Bank Central Asia (BCA), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Pertama, Bank BPD Bali dan dompet digital dana.

Kedepan, nggak cuma Thailand lho. BI juga lagi bekerjasama dengan Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk bekerjasama dalam pembayaran berbasis QR lintar negara antara Indonesia dan Singapura.

Kerja sama dimaksud ditargetkan untuk  diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023 dan diharapkan dapat memfasiltasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien dengan memindai kode QRIS atau kode QR NETS yang ditampilkan oleh merchants.  

Baca Juga: BNI Punya 2 Produk Tabungan Anak, Setoran Awal Mulai Dari Rp 100.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News